Kolom Sekretaris

Assalamu alaikum Wr. Wb.


Para pembaca yang kami hormati. Selamat datang di situs web Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Situs web ini merupakan salah satu media informasi yang dapat diakses secara luas oleh para stakeholder pendidikan Islam dan masyarakat.


Situs web ini diharapkan menjadi salah satu referensi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi-informasi terkait dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pengembangan pendidikan Islam yang menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.


Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN, program pendidikan Islam saat ini telah menyentuh sejumlah target strategis, seperti peningkatan akses dan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD); peningkatan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun); peningkatan akses, mutu dan relevansi pendidikan tinggi Islam; peningkatan layanan pendidikan keagamaan yang berkualitas; peningkatan kualitas pendidikan agama pada satuan pendidikan umum; serta peningkatan tata kelola pendidikan agama.


Target-target strategis tersebut dituangkan melalui berbagai kegiatan berskala nasional, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bidik Misi, beasiswa bagi siswa/santri/mahasiswa berprestasi, rehabilitasi ruang kelas, bantuan peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan guru/dosen, sertifikasi guru/dosen, tunjangan guru/dosen, pengembangan madrasah unggulan, penerapan kurikulum RA/Madrasah, dan lain-lain.


Melalui media situs web ini, pembaca diharapkan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Selamat membaca.



Wassalam,
Kamaruddin Amin
Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama R.I


RSS Feed


  • Wira Yoedhanto (Kementerian pertanian ) :
    Permisi admin mau bertanya, untuk mengadukan dugaan pungli dana sertifikasi guru agama yg terjadi di .....
  • Sunardi, S.Sos (Kantor Kementerian Agama Kota Mataram) :
    Mohon buktiku ditampilkan kembali seperti semester yang lalu supaya ada bukti karena banyak operator lembaga .....
  • Dadang Suhanda (MA Mathlaul Anwar Cigintung Cirinten) :
    yth. tiem Admin Emis Pusat kemenag

    Assalamaualaikum
    Saya merasa bingung hasil akhir upload online Emis dari backup .....
Rabu, 24-05-2017 15:27
Foto

Jakarta (Pendis) - Lima tahun sudah tepatnya sejak tahun 2012, Sub Direktorat (Subdit) Pendidikan al Qur`an telah mengabdikan kepada masyarakat dalam "membumikan" al Qur`an. Dalam usia "pertumbuhan" ini, Subdit Pendidikan al Qur`an dituntut untuk mengakomodir segala hal... Selengkapnya

 
Rabu, 24-05-2017 08:53
Foto

Semarang (Pendis) - Guru Besar UIN Walisongo Semarang pada Ilmu Manajemen Pendidikan, Fatah Syukur menilai, guru dan tenaga pendidik madrasah perlu mengembangkan iklim belajar yang positif di madrasahnya masing-masing.

"Pertama yang harus kita lakukan adalah keyakinan... Selengkapnya

 
Rabu, 24-05-2017 00:00
Foto

Jakarta (Pendis) - Tidak berapa lama lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Pemerintah Indonesia pun segera menggelar sidang itsbat (penetapan) awal Ramadhan pada Jum`at (26/05) nanti.

Dalam pesan video yang akan disampaikan... Selengkapnya

 

- Majalah Pendis Lainnya




- Daftar e-Book Pendis lainnya


















Selasa, 23-12-2014 04:14
Foto

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama Republik Indonesia kembali menyelenggarakan perhelatan Penghargaan Amal Bhakti Bidang Pendidikan Islam pada tahun 2014. Populer dengan sebutan Apresiasi Pendidikan Islam (API), penghargaan diberikan kepada berbaga Selengkapnya

 
RSS berita pendidikan pendis
Duplicate entry '1495647290' for key 'PRIMARY'