Berita Pendidikan Islam

Menag Apresiasi PTKIN Kian Diminati Pendaftar


Foto

Lampung (Pendis) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini melakukan Launching Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN UM PTKIN) 2021 di UIN Raden Intan Lampung. 

Menteri Agama memberikan apresiasi atas animo masyarakat untuk mendaftar ke PTKIN walau masih dalam suasana pandemi. Dari sisi peminat yang masuk ke PTKIN, meskipun dalam suasana Covid-19, minat mendaftar PTKIN tidak mengalami penurunan bahkan ada sedikit peningkatan baik melalui jalur SPAN atau UMPTKIN.  

“Untuk itu, saya ucapkan selamat, dan tentu saja success story pada tahun 2020 tersebut tidak boleh membuat kita lengah, tapi justru memotivasi kita untuk terus berbenah agar apa yang menjadi kekurangan dapat diantisipasi pada tahun 2021 ini,” ucap Menag. 

Perlu diketahui, untuk jalur seleksi Prestasi Akademik atau SPAN PTKIN pada tahun 2020 ada 263.061 pendaftar dengan komposisi 192.783 adalah perempuan dan 70.278 laki-laki. Sedangkan UMPTKIN dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) tercatat ada 132.429 pendaftar, sehingga jumlah yang ikut SPAN-UMPTKIN pada tahun 2020 adalah 395.490 peserta.

Sebelumnya Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani melaporkan bahwasanya SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia nasional.  Seleksi ini dilakukan dengan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Adapun biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Ramdhani mengingatkan pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 58 PTKIN dan 1 Fakultas Agama Islam Perguruan Tinggi Negeri harus mengikuti prinsip dan ketentuan yang berlaku.

“Pelaksanaan SPAN-PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri,” tandas Ramdhani. 

Pola seleksi lain selain SPAN adalah UM PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Negeri) yang pada tahun ini sebagaimana pada tahun 2020 menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring dengan beberapa inovasi dan pengembangan.

Untuk mengetahui informasi resmi atas semua tahapan seleksi, baik persyaratan maupun ketentuan pelaksanaan SPAN-UM-PTKIN 2021 dapat diakses pada laman resmi panitia SPAN-UM PTKIN, yaitu: http://um-ptkin.ac.id, Facebook: @infoumptkin, Twitter: @infoumptkin, E-Mail: info@um-ptkin.ac.id, Instagram: @spanumptkin, Youtube: spanumptkin atau melalui call-center dan dan helpdesk (mulai Senin 18 Januari 2021) serta dapat menghubungi bagian humas UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

(HUMAS/WE-MY)

Diupload oleh : MAR (-) | Kategori: Kegiatan DIKTIS | Tanggal: 15-01-2021 10:46