Berita Pendidikan Islam

Kemenag dan Baznas Sinergi Program "Kita Jaga Kyai"


Foto

Jakarta --- Kementerian Agama bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersinergi dalam program "Kita Jaga Kyai". Program ini dilaunching di Pondok Pesantren Asshidiqiyah Kedoya, Jakarta Barat, Senin (02/08). 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mewakili Menteri Agama RI, dalam sambutannya mengatakan bahwa Program “Kita Jaga Kyai”  adalah bentuk kepedulian masyarakat zakat terhadap peran dan fungsi para kyai sebagai pilar ketahanan bangsa. 

Dikatakan Ramdhani, program Jaga Kyai yang di inisiasi oleh Baznas, meluncurkan program “Kita Jaga Kyai” merupakan terobosan luar biasa di tengah terjangan wabah Covid-19. 

"Para kyai adalah garda terdepan yang paling banyak berhadapan dengan umat. Dengan mobilitasnya yang tinggi, para kyai tentu sangat mungkin menjadi pihak yang sangat riskan terdampak wabah Covid-19," ujar Ramdhani, di Jakarta, Senin (02/08). 

"Menjaga para kyai berarti menjaga pusat- pusat keilmuan, menjaga kerukunan dan keutuhan Bangsa," imbuh Ramdhani.

Menurut Ramdhani, Baznas telah banyak melahirkan terobosan program lembaga pengelola zakat yang memberikan dukungan terhadap keberlangsungan dakwah para kyai dan tokoh agama. "Dukungan ini tentu akan semakin memperkuat langkah para ulama dalam menjalankan fungsinya sebagai pengayom umat dan pewaris risalah nubuwwah," katanya.

Dengan adanya program ini, lanjut Ramdhani, kita telah berkontribusi dalam memberikan perlindungan terhadap para kyai. "Semoga program ini terus dikembangkan di berbagai daerah, sehingga terbangun pemerataan yang baik di seluruh Indonesia," harap Ramdhani.

Wakil Ketua Baznas, Mokhamad Mahdum, menuturkan bahwa peran BAZNAS sebagai entitas Lembaga Pemerintah yang diberi mandat menyalurkan Zakat, Infag, Sedekah (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) sangat diperlukan dalam menjaga eksistensi para Kyai. 

"Pogram "Kita Jaga Kyai" sangat urgen, sebagai upaya menjaga kyai dalam menjalankan perannya di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Dijelaskan Mahdum program "Kita Jaga Kyai" memiliki 3 tujuan utama, yaitu menjaga kesehatan dan kebugaran, memberikan dukungan paket kesehatan, dan memberikan layanan kesehatan bagi para Kyai dalam bentuk pembenan paket imun, hygtent kit, medical checkup, dukungan isoman, dan dukungan vaksinasi. (Humas/MY)

Diupload oleh : MAR (-) | Kategori: Dirjen Pendis | Tanggal: 02-08-2021 13:42