Berita Pendidikan Islam

Ketua Tim Evaluasi PIP : MAN 1 Jembrana Sangat Baik


Foto

Jembrana (Pendis) - Auditor Inspektorat Wilayah I Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana. MAN 1 Jembrana sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama menjadi sasaran evaluasi. 

Ketua Tim Kegiatan Evaluasi Program Indonesia Pintar, melalui Auditor Inspektorat Wilayah I Kementerian Agama Republik Indonesia Mochamad Ziaul Haq menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana yang salah satunya adalah MAN 1 Jembrana.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk mengetahui sejauh mana PIP ini dapat dilaksanakan khususnya di MAN 1 Jembrana,” Jelas Ziaul Haq, di Jembrana, Rabu (08/09/2021).

Ziaul Haq menilai PIP sudah sangat baik dijalankan dan dikelola oleh MAN 1 Jembrana. Penilaian tersebut ditentukan dari aspek tepat sasaran bagi penerima manfaat, tepat jumlah penerima, dan tepat waktu pengumpulan laporan. 

“Berdasarkan ketiga komponen penilaian tersebut MAN 1 Jembrana sudah sangat baik. Mekanisme penyaluran manfaat Program Indonesia Pintar di MAN 1 Jembrana sudah sangat bagus dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Ziaul Haq berharap kegiatan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ini dapat terus dilanjutkan agar lebih banyak lagi peserta didik yang dapat merasakan manfaat dari Program Indonesia Pintar. 


“Kami sangat berharap program ini agar dapat terus dilaksanakan dengan tujuan dapat memberi manfaat lebih luas bagi peserta didik khususnya di MAN 1 Jembrana,” tukasnya.

Kepala MAN 1 Jembrana Agus Subagya menuturkan evaluasi ini sangat penting dilaksanakan untuk menganalisis pengelolaan Program Indonesia Pintar di MAN 1 Jembrana. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban madrasah terhadap kesuksesan program-program pendidikan pemerintah. 

“Kegiatan evaluasi menjadi sangat penting untuk mengawal keberhasilan program-program pendidikan dari pemerintah agar tepat sasaran termasuk PIP,” tutur Agus.

Dikatakan Agus, sebagaimana diketahui PIP ini menjadi salah satu program unggulan pendidikan yang sangat berperan dalam memperlancar jalannya proses pendidikan khususnya bagi peserta didik kurang mampu. Oleh sebab itu, MAN 1 Jembrana sangat berkomitmen dan mendukung proses evaluasi ini sebagai salah satu langkah menyukseskan tujuan global menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua lapisan masyarakat.

“Evaluasi ini menjadi sangat bermanfaat bagi MAN 1 Jembrana untuk menciptakan tagline bersih dan berprestasi, sehingga nantinya MAN 1 Jembrana tidak hanya menjadi madrasah unggul di bidang akademik tetapi juga unggul secara adminitrasi pengelolaan program pengembangan pendidikan,” pungkasnya.

Kegiatan yang bertempat di Aula Pertemuan Lantai 3 Laboratorium Terpadu MAN 1 Jembrana berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Dalam kegiatan ini juga dihadirkan beberapa peserta didik MAN 1 Jembrana penerima manfaat Program Indonesia Pintar. Peserta didik tersebut didampingi langsung oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MAN 1 Jembrana. (Yuyun)

Diupload oleh : LLA (-) | Kategori: Dirjen Pendis | Tanggal: 08-09-2021 20:18