Berita Pendidikan Islam

Menag Buka Kongres Ke-3 Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia


Foto

Surabaya (Pendis) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi membuka Kongres ke-III Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) di Hall Utama JX Convention Exhibition, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (02/12).

Pembukaan Kongres AGPAII ke-3 ditandai dengan pemukulan gong oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin dihadapan ribuan guru PAI dari seluruh Indonesia. Kongres ke-III ini mengusung tema Memantapkan Keberagamaan, Merawat Keberagaman untuk Kejayaan NKRI.

Menag menegaskan bahwa kemajemukan menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk disikapi dengan penuh kearifan. Menag menghimbau para guru untuk menguatkan komitmen dalam menebarkan Islam rahmatan lil alamin. "Posisi guru sangat strategis untuk mengajarkan Islam sebagaimana esensi dan substansi agama itu sendiri," ungkap Menag.

Menag mengapresiasi terlaksananya Kongres ke III AGPAII. Menag menyambut baik perhelatan kongres yang mempertemukan para guru PAI se-Indonesia. "Alhamdulillah saya bisa hadir di forum ini dan mudah-mudahan diberkahi Allah. Kehadiran saya di Kongres AGPAII ini tidak semata memenuhi undangan, melainkan yang tidak kalah pentingnya adalah bisa bersilaturahim dengan guru pendidikan agama Islam dari seluruh Indonesia," kata Menag.

Menag berpesan kepada ribuan guru agar menanamkan rasa cinta pada profesi dan anak didiknya lewat seuntai puisi. "Tanamkanlah rasa cinta dalam mendidik. Jika harus menghukum siswa, hukumlah dengan cinta," ucap Menag dihadapan ribuan guru Pendidikan Agama Islam dari kabupaten/kota dan provinsi seluruh Indonesia.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jatim, Mohammad Ghozali menyatakan kurang lebih sekitar 10.000 guru menghadiri perhelatan kongres ini.

"Inilah para pelaku revolusi mental di Indonesia. Sudah selayaknya guru agama diperhatikan. Kejayaan PAI adalah kejayaan Kementerian Agama dan kejayaan Kementerian Agama adalah kejayaan Indonesia," ujar Ghozali.

Turut hadir dalam pembukaan Kongres ke-3 AGPAII, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama Imam Safe`i, Kakanwil Kemenag Jatim Syamsul Bahri, para tokoh masyarakat, dan undangan lainnya. (wildan/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Menteri Agama | Tanggal: 03-12-2017 11:30


Share dengan...