Berita Pendidikan Islam

Kunjungi MAN IC Batam, Sesditjen Pendis Pesan 3 Hal


Foto

Batam (Pendis) - Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Moh. Isom Yusqi, melakukan kunjungan kerja ke MAN Insan Cendekia Kota Batam pada Jumat (13/04). Dalam sambutannya, Isom berpesan 3 (tiga) hal kepada para siswa/i MAN IC Batam, yakni literasi baca, literasi IT, dan literasi agama.

"Membaca adalah sebuah kebutuhan. Untuk bisa sukses menyongsong masa depan maka siswa/i harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas dengan cara membaca. Tidak hanya membaca buku, tapi juga membaca fenomena sosial yang ada di tengah masyarakat," terang Isom.

Aktivitas membaca, lanjut Isom, harus ditopang dengan kemampuan berbahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing terutama bahasa Arab dan Inggris. Isom berharap siswa/i MAN IC fasih berbahasa Arab dan Bahasa Inggris. Menurutnya hal itu akan dapat memperluas sumber bacaan.

Selanjutnya Isom berpesan tentang pentingnya literasi teknologi informasi. Dalam kunjungannya tersebut, Guru Besar IAIN Ternate ini mendorong siswa/i MAN IC Batam untuk meningkatkan kemampuan penguasaan IT dan merancang teknologi masa depan sehingga menjadi bangsa yang produktif. "Jangan hanya sebagai penikmat teknologi informasi, ramai di medsos tapi tidak menghasilkan apa-apa," pesan Isom.

Terakhir, Sesditjen Pendis berpesan kepada siswa/i MAN IC Batam agar memiliki literasi agama. Menurutnya wawasan yang luas dan kemampuan di bidang teknologi akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan penguasaan ilmu agama. "Kunci sukses itu tidak hanya kemampuan hard skill, namun juga soft skill, yakni akhlaqul karimah, integritas serta mengamalkan ilmu agama dalam situasi dan kondisi apapun," pungkas Isom.

Kunjungan kerja ke MAN IC Batam ini merupakan kali kedua Sesditjen Pendis berkunjung ke MAN IC yang saat ini berjumlah 23. Isom mendorong agar keunggulan yang dimiliki MAN IC mulai dari sarana prasarana, guru, siswa dan kurikulum, dapat diimbangi dengan ouput berupa prestasi di bidang akademik, seni, budaya dan lain sebagainya (Nanang/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan Sekretariat | Tanggal: 16-04-2018 09:34


Share dengan...