Berita Pendidikan Islam

IAIN Jember Wisuda 314 Sarjana


Foto

Jember (Pendis) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar wisuda Sarjana (S1) ke-29 dan Program Magister (S2) ke-12. Total ada 314 mahasiswa yang diwisuda di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) IAIN Jember.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto berpesan agar lulusan IAIN Jember tidak berhenti belajar dan dapat berkiprah untuk kepentingan bangsa dan agama. "Para lulusan IAIN Jember kami harapkan tetap eksis dan berperan di tengah-tengah masyarakat. Tantangan yang akan dihadapi tentu lebih menantang karena lulusan tahun ini menjadi bagian dari generasi milenial yang serba cepat dan canggih," ungkap Babun Suharto di Jember, Sabtu (28/04).

Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Jember Nur Solikin melaporkan, 314 wisudawan IAIN Jember terdiri dari 288 orang Sarjana (S1) dan 26 orang Magister (S2). Untuk S1, terdiri dari 180 sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 13 sarjana Fakultas Syariah, 9 sarjana Fakultas Dakwah, 13 sarjana Fakultas Ushuludin, Adab dan Hamaniora, 73 sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sedangkan program Magister Pascasarjana berjumlah 26 orang.

"Lulusan terbaik IAIN Jember adalah Meuthia Rahmania Azhar dari Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,92. Selain memiliki prestasi akademik, Meuthia juga hafidzhoh 30 juz Al Qur`an. Untuk program Magister Lilik Fathani dengan IPK 3,92 dari Pascasarjana Program Studi Ekonomi Syariah," kata Nur Solikin.

Sedangkan peraih penulisan skripsi terbaik masing masing fakultas antara lain:
1. Haerul Anwar Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
2. Inzi Inaroh Fakultas Syariah
3. Nabila Istiqomah Fakultas Dakwah
4. Ma`isyatusy Syarifah Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora
5. Muhammaf Falih Khilmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
6. M. Fika Afthon program Magister

Sidang senat terbuka wisuda sarjana dan program Magister IAIN Jember kali ini dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nur Syam untuk memberikan orasi ilmiah, bimbingan dan arahan kepada para wisudawan. Kedatangan Sekjen Kementerian Agama juga untuk meresmikan gedung kuliah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang dibangun dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Wisuda kali ini merupakan kegiatan pembuka Pekan Muktamar Keilmuan IAIN Jember yang akan digelar dalam beberapa bulan ke depan sebagai ajang semarak tradisi akademik sekaligus sosialisasi IAIN Jember untuk masyarakat. (wildan/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Umum | Tanggal: 29-04-2018 05:18


Share dengan...