Berita Pendidikan Islam

Kompetisi Papat Limpad Diluncurkan


SEMARANG - Kompetisi menulis di Wikipedia bahasa Jawa ’’Papat Limpad’’ (empat terhebat) diluncurkan, Senin (21/3). Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Wikipedia Indonesia dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Kompetisi menulis artikel dengan bahasa Jawa untuk diunggah ke Wikipedia ini langsung disosialisasikan Dekan FBS Unnes Rustono, Direktur Proyek Papat Limbad Prasetyo, Dirjen Aplikasi Informatika Bambang Heru, dan Duta Pengetahuan Bebas Christian Sugiono.

Direktur Proyek Papat Limbad Prasetyo menjelaskan, kompetisi ini dilatarbelakangi untuk merevitalisasi Wikipedia bahasa Jawa yang selama ini perkembangannya masih lambat. ’’Harapannya, dengan kegiatan ini konten yang ada di laman kami dapat bertambah lebih banyak,’’ ungkapnya.

Aktivitas kompetisi menulis ini didanai dari hibah Wikipedia Foundation dan kontribusi Unnes dengan dana Rp 90 juta. Tulisan 100 peserta yang terdiri atas 90 mahasiswa dan 10 dosen ini akan dinilai sesuai ketentuan yang dipersyaratkan.

’’Artikel yang ditulis dengan bahasa dan alur yang baik, subjektif serta netral akan menjadi dasar penilaian kami. Di samping kualitas, kami juga akan menilai kuantitas atau jumlah artikel yang dikirim,’’ tutur Wakil Direktur Proyek Papat Limbad Ikhsan Muchtar.
Empat Tahap Lomba ini akan dibagi dalam empat tahap, yaitu April-Mei, Juni-Juli, Agustus-Oktober, dan finalisasi atau pengumuman pemenang pada Oktober 2011. Juri yang akan menilai berasal dari Dosen FBS Unnes dan perwakilan kontributor senior di Wikipedia Indonesia.

Selama dua hari di FBS Unnes akan dilakukan kompetisi terintegrasi berupa pelatihan dan uji ketahanan. Tujuannya, sebagai pengayaan artikel berkualitas berbahasa Jawa dalam ranah internet, juga semangat sukarelawan membebaskan pengetahuan menjadi karya nyata.

Dekan FBS Unnes Rustono mengatakan, ini kesempatan baik untuk melestarikan budaya dan nilai bahasa Jawa. ’’Ini merupakan agenda penting untuk mengukuhkan nilai budaya Jawa dalam taraf nasional atau internasional,’’ tuturnya.

Pada kesempatan tersebut artis sinetron dan bintang iklan Christian Sugiono yang ditunjuk sebagai Duta Pengetahuan Bebas oleh Wikipedia Indonesia turut mengampanyekan kompetisi itu.

’’Pengetahuan harus dapat diakses, termasuk dalam bahasa Jawa. Maka dari itu, dengan memadukan teknologi dan budaya merupakan salah satu upaya melestarikan nilai tersebut untuk diteruskan agar langgeng,’’ katanya. (K3-37)

Diupload oleh : - (-) | Kategori: Berita Koran Pendidikan | Tanggal: 22-03-2011 10:42