Rabu, 28 September 2016






Murid Diberi Latihan Soal

TEKAD para guru untuk mengantarkan sukses kelulusan para murid dilakukan secara sungguh-sungguh. Sebagaimana dilakukan guru di SD Negeri 2 Ngadirojo. Mereka mengumpulkan murid seusai ujian nasional (UN), untuk diberi latihan mengerjakan soal mata pelajaran (mapel) yang akan diujikan hari berikutnya.

Guru Warsiyani SPd didampingi Kepala SD 2 Ngadirojo Mulyadi SPd, Selasa (10/5) mengatakan, ada 28 siswa kelas VI yang mengikuti UN. Pada hari pertama UN Selasa (10/5), diujikan mapel bahasa Indonesia. Pelaksanaan UN berakhir pukul 10.00, tapi para murid setelah istirahat sejenak diberi latihan soal mapel Matematika yang akan diujikan pada hari kedua, Rabu (11/5).

Latihan penggarapan soal bertujuan untuk menyegarkan kembali pikiran siswa tentang penguasaan dan pemahaman mapel yang akan di-UN-kan esok harinya. Ini supaya murid merasa betul-betul siap melaksanakan ujian sesuai jadwal.

UN SD di Kabupaten Wonogiri digelar serentak mulai Selasa (10/5). Bupati Wonogiri Danar Rahmanto didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Wonogiri Drs Suparno MPd, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SD Negeri 1 Wonogiri, kemudian ke SD Negeri 1 dan 2 Ngadirojo, serta ke SD Purworejo 1 Wonogiri.

Murid-murid SD Ngadirojo 1, tempat dulu Bupati Danar bersekolah semasa kecil, menyatakan materi UN mapel bahasa Indonesia relatif mudah dikerjakan.

Semua Mengikuti

Kepala SD Negeri 1 Wonogiri Drs Pamuji mengatakan, ada 70 anak kelas VI yang mengikuti UN. Semuanya dapat mengikuti, tidak ada yang tidak hadir. Begitu juga murid kelas VI SD Negeri 1 Ngadirojo, berjumlah 36 anak dan SD Negeri 2 Ngadirojo 28 siswa, hadir mengikuti UN. "Tidak ada yang absen," ungkap Kepala SD Ngadirojo 1 Sutarno SPd.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Disdik Kecamatan Ngadirojo Drs Suratun menyatakan, jumlah murid yang mengikuti UN di Kecamatan Ngadirojo 780 anak. Di Kecamatan Ngadirojo, 41 SD dan masing-masing satu MI dan satu SD-LB (Luar Biasa). "Satu hal yang perlu ditanamkan kepada para murid, jangan mudah tergiur tawaran bocoran jawaban soal. Karena itu, dapat menjerumuskan," tandas Tuharno SH dan Sulardi dari Komisi D DPRD Wonogiri yang memantau UN di SD Negeri 2 Ngadirojo, SD Mlokomanis Kulon, dan SD Jatimarto.

Seperti diberitakan, 14.843 murid SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri dan swasta di Kabupaten Wonogiri mengikuti UN tahun pelajaran 2010/2011.
Mapel yang diujikan pada hari pertama adalah bahasa Indonesia, Rabu (11/5) Matematika, dan Kamis (12/5) IPA.

Diupload oleh : - (-) | Kategori: Berita Koran Pendidikan | Tanggal: 11-05-2011 14:53



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.001911 detik