Jumat, 9 Desember 2016






MTs Negeri Model Padang Peraih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

Foto

Pendis - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012 yang berlangsung di Istana Negara Jakarta Selasa (5/6), Pada acara itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan lingkungan berupa Kalpataru, Adipura dan Adiwiyata.


Pada kesempatan tersebut Presiden SBY menyerahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri 2012 kepada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Model Padang. "Piala diserahkan langsung oleh pak SBY, dan ini baru pertama kali madrasah menerima Adiwiyata Mandiri," kata Kepala MTsN Model Padang, Akhri Meinhardi saat diterima Direktur Pendidikan Madrasah yang diwakili Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Kidup Supriyadi di kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Jakarta Pusat.


"Pada tahun 2010, MTsN Model Padang meraih penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi Sumatera Barat. Program Adiwiyata sebagai salah satu bentuk pendidikan lingkungan hidup melalui jalur sekolah/madrasah," ungkap Akhri.


Kemudian pada tahun 2011, MTs ini menerima penghargaan Adiwiyata Nasional, penghargaan bidang lingkungan hidup bagi sekolah/madrasah yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup. "Alhamdulillah tahun ini prestasi kami meningkat, sehingga pada tahun depan akan bersaing di tingkat ASEAN (Asia Tenggara)," ungkap Akhri yang datang didampingi Wakil Kepala Bidang Kurikulum Mareta Sari dengan membawa piala dan sertifikat penghargaan.


Menurut dia, keberhasilan madrasah yang dia pimpin tidak lepas dari kerjasama semua pihak baik guru, siswa maupun pembinaan dari aparat Kementerian Agama. "Kesadaran para siswa cukup tinggi, begitu pula prestasi yang lain seperti pada ujian nasional, dan olympiade sains," kata Akhri.


Kasubdit Kurikulum DitMadrasah Kidup Supriyadi berharap prestasi madrasah tsanawiyah di kota Padang ini bisa juga diraih oleh madrasah yang lain di tanah air. "Ini sangat membanggakan, semoga bisa tertular ke madrasah yang lain," kata Kidup didampingi Kepala TU Direktorat Madrasah Aceng Abdul Aziz.


Selain MTsN Model Padang, pada pemberian penghargaan lingkungan untuk sekolah/madrasah berwawasan lingkungan tahun 2012 ini, beberapa madrasah juga memperoleh Adiwiyata Nasional yaitu MAN 2 Padang, MTsN Bukittinggi dan MAN Batusangkar, Tanah Datar.


"Kalau tahun 2011 hanya MTsN Model Padang yang memperoleh Adiwiyata Nasional, tahun ini kami mendapat Adiwiyata Mandiri, dan beberapa madrasah dapat Adiwiyata Nasional," kata Akhri.

(ra)

Diupload oleh : ra (-) | Kategori: Dirjen Pendis | Tanggal: 08-06-2012 00:00



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.003407 detik