Selasa, 30 Agustus 2016






Peluang Beasiswa S-2 ke Belgia, Mau?

KOMPAS.com - VLIR-UOS membuka peluang beasiswa bagi siswa dari Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Beasiswa berupa pelatihan atau studi pascasarjana (S-2). Pelatihan atau program master akan dilaksanakan di universitas berbahasa Belanda atau universitas perguruan tinggi di Belgia. Peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan atau program beasiswa master akan belajar dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Permohonan beasiswa ini dapat diajukan mulai Oktober 2012 (induk program) atau November 2012 (untuk program yang diselenggarakan di Katholieke Universiteit Leuven dan semua program pelatihan). Batas waktu aplikasi untuk program master 1 Februari 2013.

Ada pun, syarat untuk mengajukan beasiswa tersebut adalah:
* Berasal dari negara yang ditentukan oleh program beasiswa ini seperti yang telah disebutkan diatas;
* Berusia maksimal 40 tahun untuk mengambil program master dan 45 tahun untuk program pelatihan;
* Memiliki skor TOEFL minimal 550 untuk Paper-based Test (PBT), skor 79 pada tes berbasis internet (IBT), atau tes IELTS dengan skor 6,5. Dapat juga menggunakan nilai skor dari lembaga yang setingkat dengan TOEFL dan IELTS;
* Memiliki pengalaman dan perspektif yang sesuai dengan program pilihan;
* Pengajuan beasiswa VLIR UOS hanya dapat diajukan satu kali dalam setahun;

Kriteria yang diajukan dalam permohonan beasiswa ini adalah
1. Memiliki motivasi yang kuat untuk menyebarkan pengetahuan atau menciptakan kegiatan penyuluhan, dan memiliki dimensi perkembangan khusus dalam suatu bidang;
2. Berpengalaman dan profesional dalam suatu bidang, diutamakan dari lembaga penelitian, lembaga pendidikan tinggi, sektor pemerintah (nasional), sektor ekonomi sosial, atau LSM.

Negara yang dapat mengikuti program beasiswa ini di antaranya, Bangladesh, Kamboja, India, Indonesia, Yordania, Laos, Nepal, Wilayah Palestina, Filipina, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.

Program yang ditawarkan untuk pendidikan master pun sangat beragam seperti, di antaranya Evaluasi Pengembangan dan Pengelolaan, Sumber Daya Lahan Fisik, Teknologi Pangan, serta Globalisasi dan Pembangunan.

Tata cara untuk melakukan registrasi dan mengikuti seleksi penerimaan beasiswa tersebut adalah mengunjungi situs web VLIR UOS.

Bagi pendaftar yang lolos pada tahap pertama akan dihubungi oleh VLIR UOS pada pertengahan bulan Juni 2013. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi www.scholarships.vliruos.be.

Diupload oleh : hans (-) | Kategori: Berita Koran Pendidikan | Tanggal: 23-07-2012 10:23



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.002384 detik