Kamis, 25 Agustus 2016






Mendikbud: Tahun 2013 Biaya Kuliah akan Makin Murah

Foto

YOGYA (KRjogja.com) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Muhammad Nuh menyebutkan, komponen biaya perkuliahan khususnya di Perguruan Tinggi Negri (PTN) pada tahun 2013 mendatang, akan dirancang menjadi lebih murah dan terjangkau masyarakat.

Upaya yang dilakukan untuk memangkas beban biaya kuliah pada mahasiswa dilakukan dengan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negri (BOPTN) yang akan dianggarkan pada APBN reguler 2013 dengan besaran yang lebih besar dari tahun ini.

"BOPTN ini SK atau permennya sudah keluar dan selesai. Sekarang sedang kita siapkan DIPA-nya dan September sudah bisa cair," ujar Mendikbud usai membuka Ospek di GOR UNY, Senin (6/8).

Menurutnya, anggaran BOPTN yang akan dicairkan tahun ini adalah anggaran masa transisi yang didapatkan dari APBN Perubahan. Besarannya mencapai Rp1,5 triliun yang diberikan khusus untuk PTN. Anggaran tersebut disalurkan untuk membantu biaya operasional PTN seperti gaji honorer, listrik, biaya penelitian dan lainnya.

"Komponen itulah yang akan dibantu sehingga akan mengurangi beban yang biasanya ditanggung mahasiswa. Sebagai contoh di UNY tahun ini meneerima Rp28 Miliar untuk satu semester (September- Desember). Saya yakin tahun depan akan jauh lebih besar lagi karena sudah melalui APBN reguler," katanya.

Tahun 2013 nanti, lanjutnya, BOPTN akan dianggarkan dalam 2 semester atau satu tahun sekaligus. Kemendikbud menargetkan, dengan BOPTN tersebut, maka segala urusan biaya pendidikan harus turun. Dimana besaran BOPTN di tiap PTN ditentukan berdasarkan jumlah mahasiswa, biaya kemahalan di wilayah itu tersebut dan bantuan lain yang didapat.

"Sekarang ini biaya pendidikan kita sekitar Rp12 triliun. Kalau kita support dengan BOPTN 30 persen atau sekitar Rp4-5 triliun, itu brati biaya pendidikan kita akan turun kira-kira 10 sampai 20 persen. Sehingga otomatis biaya pendidikan di PTN akan lebih murah," tegasnya. (Aie)

Diupload oleh : hans (-) | Kategori: Berita Koran Pendidikan | Tanggal: 08-08-2012 09:23



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.002104 detik