Selasa, 25 April 2017






Dai Dilibatkan Cegah Kerusakan Lingkungan

(suaramerdeka.com) Bandung - Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar bakal lebih memberdayakan peran dai dan ustadz dalam upaya mencegah kerusakan lingkungan.

Secara khusus, mereka bahkan menyusun buku yang berisi kumpulan fatwa dan materi khotbah Jumat bertema lingkungan guna dapat dijadikan rujukan. Hanya saja, kedua buku tersebut terkendala biaya percetakan.

"Kita sudah banyak upaya untuk memperbaiki lingkungan, tapi kita ingin perkaya lagi dengan dakwah lingkungan, salah satunya dengan kumpulan buku bertopik khusus lingkungan," tandasnya di Bandung, kemarin.

Pada tahap awal, pihaknya sudah mencetak sekitar 200 eksemplar. Sayangnya, jumlahnya tak menunjang sebaran desa yang jadi sasaran dengan jumlah mencapai 6.000 desa. Jumlah ini di luar Ponpes.

Menurut Anang, keberadaan dai dan ustadz diharapkan bisa semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan kualitas lingkungan. Mereka dinilai mempunyai kelebihan karena langsung berinteraksi dengan masyarakat.

"Karenanya, kita juga berkerjasama dengan kantor agama guna melatih para dai dan ustadz. Pada dasarnya kita sudah tahu tentang bagaimana harus bersikap terhadap lingkungan, namun dengan mereka membawakan materi itu, diharapkan lebih tergugah lagi," katanya.

(Setiady Dwi/CN41/SMNetwork)

Diupload oleh : ra (-) | Kategori: Berita Koran Pendidikan | Tanggal: 17-03-2017 09:57



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.002203 detik