Selasa, 25 April 2017






Ribuan Siswa Daftar MAN IC, Nur Kholis: Prestasi Jadi Bukti

Foto

Pekalongan (Pendis) - Ribuan lulusan MTs dan SMP ambil bagian memperebutkan kursi Madrasah Aliyah Insan Cendekia (MAN IC). Datang dari segenap penjuru negeri, lebih dari 7.582 siswa berkompetisi memperebutkan 1.916 kursi yang tersedia di 20 MAN IC melalui seleksi Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB).

Seleksi PPDB ini digelar 18 Maret kemarin serentak pada 38 tempat di 29 Provinsi. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, tingginya animo siswa yang mendaftar menandakan MAN IC sudah melekat di hati masyarakat sebagai madrasah berprestasi.

"Prestasi peserta didik MAN IC dalam berbagai even, baik regional, nasional bahkan internasional menjadi bukti yang telah mengkapitalisasi ingatan publik bahwa madrasah ini memang unggul," ujarnya, Sabtu (18/03/2017).

Penilaian ini diamini oleh Siti Maesaroh, ibu dari M. Ramadlon Aufa Al-Ghifari siswa MTs Al-Hikmah 2 yang mengikuti PPBD di MAN IC Pekalongan. Dia memilih MAN IC sebagai tempat melanjutkan pendidikan anaknya karena dinilai sebagai madrasah unggul dan berprestasi.

"Saya tertarik menyekolahkan putra kami ke MAN IC karena banyak alumninya yang bisa melanjutkan ke luar negeri," katanya.

Nur Rokhim Guru MTs Al Adhar Cikeusal Kidul Ketanggungan yang puterinya juga mengikuti seleksi PPDB di MAN IC Pekalongan juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, banyak siswa MAN IC yang sekarang berhasil mengalahkan siswa sekolah unggulan lainnya di provinsi keberadaannya. "Saya ingin puteri kami mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan di madrasah unggul ini," harapnya.

Pelaksanaan seleksi PPDB MAN IC di Kota Pekalongan berjalan lancar. Menurut Plt. Kepala MAN IC Kota Pekalongan Ahmad Najid, pendaftar PPDB yang memilih MAN IC Kota Pekalongan tahun ini meningkat dari sebelumnya. Tercatat ada 378 siswa yang menjadikan MAN IC Kota Pekalongan sebagai pilihan pertama.

Mereka tidak saja berasal dari Jawa Tengah, tapi juga dari Jawa Timur, Jakarta dan Jawa Barat. Mereka berkompetisi untuk memperebutkan 96 kursi yang tersedia. Kendati baru dua tahun beroperasi, MAN IC Kota Pekalongan sudah sarat dengan prestasi membanggakan. Selain prestasi akademik, delapan siswa MAN IC Kota Pekalongan juga telah hafidz 10 Juz Al-Quran.

Kabag Organisasi Kepegawaian dan Hukum Ditjen Pendidikan Islam, M. Munir yang ikut memantau ujian PPDB di MAN IC Kota Pekalongan mengapresiasi panitia yang telah mengggelar pelaksanaan test tepat waktu dan tidak mengalami kendala berarti.

Hadir juga dalam proses seleksi ini, Tim Monitoring Inspektorat Jenderal yang di pimpin Ali Zakiuddin, PMU MAN Insan Cendekia Ruchman Basori, perwakilan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Tengah Siti Aini Sa`adah, serta Kepala Kemenag Kota Pekalongan Imam Tobroni.

Hasil tes ujian penerimaan MAN IC ini akan diumumkan pada 10 April 2017 mendatang.(Ruchman Basori/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan Madrasah | Tanggal: 19-03-2017 08:29



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.002129 detik