Kamis, 25 Mei 2017






Menteri Agama Buka PPMN III

Foto

Bangka (Pendis) - Sejumlah Pramuka Madrasah berbaris rapi di lapangan Utama Bumi Perkemahan Selawang Segantang Koba, Bangka Tengah untuk mengikuti upacara pembukaan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III, Selasa (16/05).

Kegiatan PPMN III yang dibuka resmi Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dan dihadiri Ketua Kwarnas Pramuka, Adhyaksa Dault serta Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah.

"Kementerian Agama dan seluruh jajarannya memiliki komitmen tinggi agar gerakan Pramuka tidak hanya dijaga dan dipelihara, tapi juga dikembangkan sehingga para Pramuka kita mampu merespon berbagai persoalan masyarakat, bangsa, sesuai situasi dan kondisinya dengan penuh kearifan," kata Lukman dalam sambutannya.

Kami di Kemenag terus menjaga dan memelihara tradisi baik para pendahulu, yaitu kegiatan perkemahan yang dilakukan setiap tahun tidak hanya di madrasah, tapi juga pesantren dan mahasiswa PTKI, lanjutnya.

Lukman meminta Tri Satya harus dipegang teguh karena Tri Satya sebagai komitmen dan konsensus sebagai janji setiap Pramuka, yaitu menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjalankan Pancasila, menolong sesama hidup dan ikut serta membangun nusa bangsa, serta menepati dasa darma pramuka. Ketiga poin ini senantiasa tidak hanya ada di ingatan kolektif kita, tapi juga bisa terimplementasikan dalam kehidupan keseharian kita.

Pendahulu kita arif menyatukan yang tidak terpisahkan antara kewajiban menjalankan perintah Tuhan, menjaga NKRI, dan mengamalkan Pancasila.

Dalam kesempatan ini, Menag mengingatkan bahwa Pancasila dan NKRI adalah konsensus kita dan kita sebagai muslim terikat dalam kesepakatan yang sudah dibuat. Pancasila dan NKRI adalah konsensus yang sejak dulu dibuat pendahulu kita dan menjadi kewajiban kita mentaatinya dan memeliharanya.

Kita hidup di rumah milik kita bersama, kita yang beragam hidup di satu rumah, itulah NKRI rumah kita bersama. Sebagai warga bersama, kita miliki hukum yang harus dipatuhi bersama. Mudahan semua kita mampu memegangi komitmen tersebut, harap Lukman.

"Saya meminta seluruh kepala pembina di madrasah agar Tri Satya senantiasa selalu diikrarkan dalam setiap acara kepramukaan kita," pungkas Menag. Lukman menutup sambutannya dengan pantun, Bila sudah namanya cinta, Hari terasa berbunga-bunga, Bila sudah namanya Pramuka, Pasti membela NKRI dan Pancasila.

PPMN III dibuka secara resmi dengan pemukulan bedug. (hikmah/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Menteri Agama | Tanggal: 16-05-2017 21:47



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.003462 detik