Berita Pendidikan Islam

Kemenag Dorong Akselerasi Akreditasi Jurnal Ilmiah di PTKI


Foto

Bogor (Pendis) - Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mendorong percepatan jurnal-jurnal di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) agar dapat terakreditasi nasional dan terindeks internasional. Salah satu bentuk akselerasi itu diwujudkan dengan pemberian dana bantuan publikasi ilmiah.

Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dit. PTKI) Muhammad Zain mengatakan bahwa Kemenag mempunyai komitmen yang kuat dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di lingkungan PTKI. "Beberapa program telah kami lakukan, misalnya penguatan riset dalam rangka peningkatan kapasitas dan kreatifitas dosen untuk menulis. Selain itu, bantuan penguatan jurnal Ilmiah dalam akselerasi akreditasi nasional dan terindeks internasional," kata Muhammad Zain dalam kegiatan Seleksi Bantuan Proposal Publikasi Ilmiah, Jum`at (16/06) di Bogor.

Dikatakan Muhammad Zain, Dit. PTKI terus melakukan upaya dan langkah-langkah strategis dalam penguatan publikasi ilmiah. Zain berharap bantuan peningkatan mutu publikasi ilmiah yang diberikan dapat membantu para pengelola jurnal untuk mengupgrade jurnalnya masing-masing. Misalnya, dari jurnal yang belum terakreditasi menjadi terakreditasi dan dari jurnal terakreditasi nasional menuju jurnal terindeks internasional.

Kasi Publikasi Ilmiah Dit. PTKI Mahrus mengatakan bahwa saat ini Dit. PTKI sedang merumuskan penggunaan dana bantuan publikasi ilmiah dalam rangka melakukan akselerasi akreditasi jurnal. "Kami sedang merumuskan beberapa langkah bimbingan teknis dalam proses percepatan akreditasi jurnal. Misalnya, untuk kluster pembinaan jurnal, kami akan melakukan pendampingan, termasuk dalam proses peningkatan produk tulisan," ungkap Mahrus.

Selain itu, menurut Mahrus, saat ini Dit. PTKI sedang melakukan pemetaan jurnal di lingkungan PTKI. Pemetaan tersebut menjadi penting untuk melihat jurnal mana saja yang harus didorong akreditasinya, lalu tahun berapa targetnya dan apa langkah kongkritnya.

Sebagai informasi, pendaftar proposal bantuan publikasi ilmiah tahun 2017 sebagai berikut:

Peningkatan Mutu Publikasi Jurnal Pembinaan (PMPB) : 82 Pendaftar
Peningkatan Mutu Publikasi Jurnal Terakreditasi (PMPA) : 40 Pendaftar
Penghargaan Jurnal Terakreditasi (PJA) : 21 Pendaftar
Karya yang Berpotensi Mendapat HKI (HKI) : 20 Pendaftar

Internship Jurnal Ilmiah Internasional (IJII) : 15 Pendaftar
Ekspose Karya Ilmiah (EKI) : 11 Pendaftar
Penghargaan Jurnal Internasional Bereputasi (PJIB) : 5 Pendaftar
Penghargaan Jurnal Terakreditasi Online (PJAE) : 2 Pendaftar

Hadir dalam seleksi proposal bantuan publikasi ilmiah, para praktisi dan pengelola jurnal terakreditasi nasional dan terindeks internasional. (wildan/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan DIKTIS | Tanggal: 17-06-2017 00:00


Share dengan...