Berita Pendidikan Islam

Kaligrafi, Ajang Menulis Indah Dalam Pentas PAI Nasional VIII


Foto

Banda Aceh (Pendis) - Kaligrafi adalah ilmu seni menulis indah. Sedangkan Kaligrafi Islam secara khusus ditekankan pada seni artistik tulisan tangan berdasar pada tulisan arab. Dalam Ajang Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam VIII (Pentas PAI) yang berlangsung di Banda Aceh 9 s/d 14 Oktober 2017, Lomba Kaligrafi Islam (LKI) menjadi satu mata lomba andalan bagi siswa pada jenjang SMP yang akan digelar pada 11 Oktober 2017 di Aula Akabah Hotel Mekkah Banda Aceh dari pukul 08.00 s/d 15.00 WIB.

Seorang juri nasional LKI pada kegiatan technical meeting, Selasa (10/10), KH. Didin Sirajuddin menjelaskan untuk tema LKI pada Pentas PAI kali ini adalah hiasan mushaf dengan mengambil salah satu dari 2 surat Al Quran yakni Surat Al Fatihah atau Surat AL Ikhlash. Secara umum penilaian LKI meliputi kebenaran bacaan (imlaiyah), ketepatan tulisan (khat), dan unsur keindahan.

LKI sendiri akan diikuti 27 peserta dari 27 provinsi yang siap dan mengirim kontingennya. Peserta bebas membawa peralatan menulis dan menggambar dan juga bebas menentukan jenis khat yang disukainya. Antusiasme para official saat technical meeting terlihat ketika banyak pertanyaan sekaligus masukan yang ditujukan kepada panitia. Usulan tersebut di antaranya agar Pentas PAI mendatang ada 2 kategori siswa putra dan putri juga usulan tidak hanya untuk jenjang SMP melainkan juga jenjang SMA/SMK. (wikan/dod) (foto: google)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan PAIS | Tanggal: 11-10-2017 04:30


Share dengan...