Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta

Berkah Berbagi

images/informasi/67fitriana.jpg

Oleh: Fitrina Syawalani Idwar

(SMPN 19 Percontohan Banda Aceh, Aceh) 

Berbagi dalam artian yang luas dan khusus dapat dimaknai sebagai memberi dan menerima sesuatu yang baik dari sesama manusia, alam, dan Tuhan. Dari sebagian aspeknya, manusia biasanya berbagi dalam bentuk uang, barang, dan lainnya. Namun tidak jarang manusia sebagai makhluk hidup saling berbagi tentang ilmu, kebahagian, pengalaman dan lainnya seperti informasi serta perhatian. Secara individu, makhluk yang diberikan Tuhan kesempurnaan untuk berfikir, juga terlahir sebagai makhluk sosial atau dapat diartikan sebagai makhluk yang hidup bersama sama dengan manusia lainnya, sehingga sudah menjadi kewajiban setiap manusia untuk saling berbagi.

Berkah dalam  berbagi mungkin dapat dirasakan ketika kita menjadi alasan bagi orang lain untuk menjadi bahagia, atas apa yang telah kita bagikan. Berbagi tidak selalu tentang harta, berbagi juga bisa lewat ilmu, sedikit ilmu yang kita berikan kepada orang lain, mungkin bisa sangat berarti bagi orang yang kurang beruntung dalam bidang pendidikan. Berbagi tidak pernah akan mendapatkan kerugian ataupun menjadi kekurangan baik secara materi maupun non materi, bahkan menjadikan sebuah keberkahan berupa rasa bahagia, tulus dan syukur kepada Tuhan. Mungkin kata kata inilah yang menggambarkan betapa untungnya berbagi.

Pernahkah kalian melihat berita tentang Palestina? Pernah pastinya. Palestina adalah negara dengan konflik peperangan yang tiada henti. Lihatlah betapa menyedihkan keadaannya sebagai dampak dari peperangan tersebut, ataupun dampak bencana yang terjadi di beberapa daerah  di negeri kita. Dampak sosial ekonomi yang dirasakan berupa kehilangan sanak saudara, karena hilang ataupun meninggal dunia, makanan dan minuman yang minim, kehilangan rumah, harta benda, luka parah dan masalah kesehatan dengan tidak adanya akses pelayanan medis yang memadai, putusnya pendidikan, kehilangan pekerjaan belum lagi dampak psikologis seperti ketakutan, cemas, putus asa dan kesedihan yang berkepanjangan. Bukankah sangat memprihatinkan?

Dengan keadaan saudara kita di sana, kita bisa bayangkan betapa bantuan dari kita tentunya sangat berarti bagi mereka. Mereka butuh air bersih, makanan yang sehat, pelayanan medis yang memadai, tempat tinggal yang layak, penguatan kejiwaan dan spiritual dan lainnya. Pada saat mereka dalam keadaan yang sangat butuh pertolongan, semoga kita berkesempatan untuk dapat membantu, mendorong rasa kemanusiaan kita, dan merasakan berkah yang dalam di hati dengan kesempatan yang diberikan Allah kepada kita untuk berbagi.

Mari kita sadari,  bahwa berbagi memiliki manfaat yang membuat hidup kita memiliki berkah, antara lain sebagai berikut :

  1. Merasa lebih baik

Banyak orang yang memiliki pola pikir bahwa bila berbagi, berarti akan kehilangan. Tetapi sebenarnya membagikan waktu, cinta, pertemanan, nasihat atau benda, sama dengan mengekspresikan lebih banyak tentang siapa diri anda. Anda tidak akan kehilangan apapun karena anda memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk menjadi apa adanya, dan itu akan membuat perasaan merasa lebih baik.

Founding Director of The Center for Neuroeconomics Studies dari Claremont Graduate University, Paul Zak, mengungkapkan bahwa ketika seseorang berbagi, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin. "Hormon ini biasa disebut hormon yang biasa dilepaskan ketika seseorang berpelukan, dan hormon  ini dapat mengurangi stres" kata Paul Zak. Berarti berbagi membuat perasaan bahagia dan mengurangi beban pikiran.

         2. Menimbulkan rasa syukur

Ketika anda berbagi dengan sesama, anda akan menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Dalam buku The Myth of Happiness yang ditulis oleh Sonja Lybomirsky, disebutkan bahwa orang yang sering mengucapkan syukur misalnya dengan menghitung kebaikan seminggu sekali secara rutin akan membuatnya merasa lebih baik dan bahagia. Berbagi melahirkan rasa terimakasih kepada Tuhan atas nikmat karunia yang Tuhan berikan kepada anda.

         3. Meningkatkan kepercayaan

Pernahkah anda berbagi rahasia kepada orang lain? Atau bila anda adalah seorang pimpinan, anda kerap berbagi tugas dengan anak buah. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah kepercayaan dan rasa saling percaya yang kuat. Berbagi memberikan anda kesempatan untuk melepaskan kecurigaan terhadap orang lain. Ini adalah cara yang tepat untuk menghapuskan keraguan anda bahwa masih banyak hal-hal baik di dunia. Berbagi akan membangun rasa persaudaraan dan menumbuhkan rasa kasih sayang, yang intinya menjadi saling percaya.

         4. Membuat hidup lebih berwarna

Ketika anda diterima di universitas untuk menempuh pendidikan, hal pertama yang akan anda lakukan adalah memberi kabar kepada orang tua dan teman terdekat. Begitu pula saat mendapat pekerjaan baru dan hal serupa lainnya. Bila suatu peristiwa penting terjadi, meskipun baik atau buruk, membaginya dengan orang lain akan membuat hidup terasa lebih hidup. Berbagi dengan orang lain berarti memberi Anda kesempatan untuk merayakan sesuatu, membicarakan keputusan yang sulit, dan mengobati batin dengan sesutu yang berharga. Berbagi membuat pengalaman hidup anda menjadi lebih kaya.

         5. Memberikan keyakinan tidak sendiri

Berbagi cerita dan mendengarkan kisah orang lain membuat rasa gundah dan sedih mereda. Belajar bahwa orang lain telah mengalami pengalaman sedih yang sama dengan anda, akan membuat anda berpikir bahwa anda tidak sendiri.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak berbagi, dengan seribu manfaat dan banyak berkah yang didapat. Jadikanlah diri kita bermanfaat dengan apa yang kita bagi, dimana orang butuh, disitulah wadah kita untuk menolong. Banyak kasus masyarakat di negara kita sendiri, dimana masih banyak orang yang butuh pertolongan belum terjamah dengan bantuan, maka disanalah kita meraih berkah berbagi kita, berbagi dengan apa yang kita miliki, tidak peduli besar atau kecilnya, yang penting besar manfaat yang kita berikan kepada orang kita tolong

Di dunia ini banyak cara untuk meraih berkah dari berbagi baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung dengan melalu cara online dan secara langsung melalui kelompok-kelompok perduli sosial ataupun langsung mendatangi sendiri untuk berbagi, selama hal yang kita bagi berguna bagi orang lain dan digunakan dengan baik maka berdoalah bahwa dari apa yang kita bagi semoga kita mendapat berkah Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Allah selalu melihat hambanya, Allah tahu bahwa kita berusaha mencari berkahNya, dan Allah melihat seberapa tulusnya kita dalam berbagi. Temukan setiap berkah dalam berbagi. Jadikan diri kita bermanfaat bagi orang lain, dimulai dari oarang-orang yang ada di lingkungan sekitar kita.