Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta

Perkemahan Rohis

Latar Belakang

Dinamika perkembangan Rohani islam (ROHIS) di sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) menunjukan arah yang cukup menggembirakan. Sebagai salah satu wadah akultuarsi siswa yang merupakan bagian ddari struktur organisasi siswa intra sekolah (OSIS), Keberadaan rohis bak oase yang memberikan warna berbeda dalam belantikan dunia remaja yang syarat dengan hedonism, apatisme, dan sikap mementingkan diri sendiri. Beragam peristiwa negative yang kerap terjadi di kalangan remaja seperti aksi kekerasan, penggunaan obat-obatan terlarang, fenomena pergaulan bebas, memunculkan keprihatinan yang teramat dalam. Masa remaja merupakan “usia emas” yang seharusnya diisi dengan hal-hal bermanfaat serta mengukir prestasi.                                                      

Pengurus rohis di SMA/SMK khususnya, adalah pionir perubahan yang di gugu dan ditiru oleh anggota maupun siswa pada umumnya. Dengan kata lain ,aktivis rohis merupakan qudwah hasanah dalam hal menyeimbangkan antara penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta nilai-nilai ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari.aktivis rohis di SMA dan SMK , disamping harus memiiki integritas pribadi dalam bentuk kokohan akhlak , seyogyannya juga memiliki prestasi academik yang baik, sehingga profil manusia muslim yang kaffah dapat tercemin dari pribadi – pribadi pengurus/anggota rohis SMA dan SMK.

Diantara tujuan dari kegiata rohis adalah membentuk kepribadian muslim yang refresentatif dalam upaya kaderisasi dakwah islam yang berkesinambungan sehingga syi’ar islam terus berkembang secara damai dan lebih dinamis sesuai perkembangan zaman. Rohis di SMA dan SMK perlu mengembangan kegiatan – kegiatan keislaman dengan format yang lebih menarik sehingga dapat menimbulkan antusiasme segenap civitas sekolah untuk mengikutinya

Melihat peran fungsi rohis yang demikian strategis dalam pengembangan pendidikan agama islam di SMA dan SMK , khususnya ditinjau dari aspek pengalaman kepemimpinan , maka direktorat pendidikan agama islam ditjen pendidikan islam kementrian agama RI berkepentingsn untuk mengadakan kegiatan perkemahan pengurus rohis SMA dan SMK tahun 2016 . kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah peningkatan silaturahim , wawasan , dan pengetahuan pengurus rohis agar mampu menerapkan nilai nilai islami dalam menyelenggarakan kegiatannya secara lebih professional dan sistematis demi menguatkan peran dan fungsi rohis dalam membangun budaya beragam disekolah . melalui perkemahan pengurus rohis , diharapkan para pengurus atau anggota rohis memiliki kompetensi yang cukup untuk mendinamisasikan nuansa – nuansa keislaman sekolah .

TUJUAN DAN SASARAN

1.  Tujuan perkemahan Rohis SMA dan SMK

a). memberikan pembekalan kepada pengurus rohis SMA/SMK tentang management  pengelolaan organisasi, sehingga di harapkan mampu meningkatkan kualitas serta profesionalisme menyelenggarakan program dan kegiatan rohis;

b).menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan rasa kepardulian social terhadap realitas yang berkembang, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat;

c).memberikan wawasan dan pengetahuan tentang hakikat redikalisme yang mengatasnamakan agama serta merumuskan langkah-langkah strategi untuk mencegah masuknya paham radikal di kalangan pengurus maupun anggota rohis SMA/SMK

d).meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan yang maha Esa.

e).meningkatkan komitmen, kepedulian dan kebersamaan dalam membangun bangsa  dan Negara.

f).meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kemampuan serta pengalaman dalam manajemen pengelolaan organisasi.

2.      Sasaran

a.       Siswa SMA/SMK pengurus rohis dari seluruh Indonesia sejumlah 1.800 orang.

b.      Guru pendidikan agama islam ( GPAI ) SMA/SMK sebagai Pembina rohis dari seluruh Indonesia sejumlah 1.800 orang.

JENIS-JENIS KEGIATAN

Scara umum, kegiatan utama perkemahan Rohis SMA/SMK 2014 adalah:

1.      Aktivitas rohis

2.        Taaruf peserta perkemahan rohis tentang pentingnya menumbuhkan komitmen membangun nilai-nilai nasionalisme, patriotism, persatuan, dan perdamaian.

3.        Ekspose keahlian dan keterampilan yang merupakan cerminan dinamika keseharian mereka di sekolah. Keahlian keterampilan yang ditampilkan adalah pidato,tahsin al-quran, MTQ, hafidz quran.

Secara rinci, jenis kegiatan yang di laksanakan pada perkemahan rohis 2016 yaitu:

1.      Kegiatan umum

a.       Upacara pembukaan kegiatan

Tujuan : meningkatkan rasa nasionalisme dan sikap kedisiplinan dan kebersamaan peserta.

Waktu : hari ke dua.

Tempat:lapangan utama.

 b.      Upacara penutupan kegiatan

Tujuan :meningkatkan rasa nasionalisme dan sikap kedisiplinan kebersamaan pesertaa.

waktu :hari terahir.

Tempat: lapangan utama.

2.  Kegiatan rutin

a.       IBADAH

Tujuan :meningkatkan ketaqwaan terhaadap tuhan yang maha esa.

Waktu :dilakukan setiap hari selama kegiatan.

Tempat:peserta akan melaksanakan ibadah yang di pimpin oleh panitia atau unsure yang telah di siapkan pada tempat ibadah yang telah tersedia.

b.      Pembinaan mental spiritual

Tujuan :meningkatkan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa.

Waktu :di lakukan selama kegiatan, yang pelaksanaanya di sesuaikan  dengan jadwaldan kondisi lapangan.

Tempat :lokasi yang telah di siapkan.

  c.       Olahraga

Tujuan :menjaga kebugaran dan melatih fisik , meningkatkan minat Berolahraga

Waktu :dilaksanakan pada pagi harinya sesuai ketetapan waktu yang telah di jadwalkan

tempat :lapangan  utama

 d.      Pentas seni

Tujuan: untuk memperkenalkan budaya di masing-masing daerah di Indonesia.

Tempat : lapangan utama

e.       Manasik haji

Tujuan : memperkenalkan tata cara melakukan haji

Tempat : tempat yang telah di persiapkan

3.      Kegiatan persaudaraan

a.       Anjangsana

Tujuan : mengenal untuk bekerjasama dalam persaudaraan. Anjangsana sebagai acara keakraban antara peserta untuk saling mengenal satu sama lain agar terjalin rasa persatuan.

4.     Kegiatan bakti social

Bentuk kegiatan bakti social perkemahan pengurus rohis SMA/SMK 2016 terdiri atas: kegiatan pengurus peduli :

-          Peduli social : sumbangan untuk anak yatim piyatu

-          Peduli sampah: gerakan kebersihan pada lokasi yang di tentukan.