Direktorat Pendidikan Agama Islam

Gelar Reorganisasi, MGMP PAI SMA Jateng Maksimalkan Kinerja

Semarang (Bidang PAI Kanwil Jateng/Dit PAI) -- Dalam rangka memaksimalkan kinerja dan koordinasi antarguru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Jawa Tengah, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMA menggelar reorganisasi di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Rabu (27/10/2021).

Acara tersebut dihadiri ketua atau perwakilan MGMP PAI SMA Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah dan pengurus MGMP PAI SMA Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang PAI Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah Imam Buchori dan Kepala Seksi PAI pada SMA/SMALB dan SMK Kanwil Kemenag Jateng Afifatun.

Saat memberikan pengarahan, Imam Buchori mengapresiasai reorganisasi MGMP PAI SMA Jawa Tengah yang dimaksudkan untuk melanjutkan estafet kepengurusan MGMP PAI SMA. Menurut Buchori, guru-guru PAI saat ini dan ke depan akan dilatih agar mempunyai kemampuan penguasaan penggunaan media digital agar cara-cara konvensional bisa dikurangi. "Guru-guru saat ini dan nanti ke depan akan dilatih literasi digital," papar Imam Buchori.

Ia berharap kepada pengurus yang baru untuk bisa menjalin kerja sama dalam setiap kegiatan yang bersifat digital. “Kita akan melakukan perubahan program kegiatan. Kita tidak akan banyak lakukan program konvensional, tapi lebih ke program yang berbasis digital,” ujarnya.

Di akhir sambutanya, Buchori mengatakan tugas guru PAI sangatlah besar, karena pendidikan agama merupakan salah satu faktor pembentuk karakter siswa agar memiliki akhlak yang mulia. Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa maju tidaknya Pendidikan Islam di Jawa Tengah tergantung kinerja guru PAI, sehingga guru PAI perlu untuk memaksimalkan kinerja. “Maju tidaknya pendidikan Islam, tergantung bapak ibu sendiri. Mari kita dukung bersama-sama agar kegiatan semuanya bisa terlaksana dengan baik, dan mari kita maksimalkan kerja kita," harapnya.

Selain itu, Kepala Seksi PAI pada SMA/SMALB dan SMK Kanwil Kemenag Jateng Afifatun juga ikut menyampaikan dukungannya pada acara ini. Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada segenap pengurus lama yang sudah melakukan kegiatan yang positif dan mendukung Bidang PAI. Ia juga mengungkapkan harapannya agar pengurus baru bisa meningkatkan kinerja MGMP PAI SMA Jawa Tengah agar lebih maksimal lagi. "Saya yakin pengurus yang baru nantinya bisa lebih maksimal lagi," terang Afifatun.

Sementara itu eks Ketua MGMP PAI SMA Jawa Tengah Khoiri, yang sudah mengakhiri masa jabatannya, mengharapkan agar ke depan MGMP mampu lebih bersinergi dengan bidang PAI dan pihak terkait lainnya. “Saya berharap, ke depan MGMP bisa sinergis dengan bidang PAI dan pihak terkait lainnya,” harapnya.

Dalam eksposenya, Ketua MGMP PAI SMA Jawa Tengah terpilih masa khidmat 2021-2024 Hery Nugroho memaparkan, MGMP PAI SMA Jawa Tengah menjadi ladang amal bersama dalam memajukan PAI yang lebih bermanfaat. "Harapan saya bersama segenap pengurus ingin menggerakkan MGMP PAI SMA Jawa Tengah untuk kemajuan GPAI. Karenanya, saya ingin kita semua bersinergi dan berkolaborasi dengan Bidang PAI serta pihak-pihak terkait,” paparnya. Di akhir sambutannya, Khoiri meminta dukungan semua pihak untuk kesuksesan kepengurusan MGMP PAI Jawa Tengah masa khidmat 2021-2024. “Mohon doanya restu dan bimbingannya agar saya dan semua pengurus bisa solid, kompak, sehat, dan bermanfaat," harapnya.

Kegiatan reorganisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMA Jawa Tengah masa khidmat 2021-2024dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat sesuai aturan pemerintah. (MGMP PAI SMA Jateng/Tim Media PAI)

Fotografer: Herry Nugroho


(Tim Media PAI)