Direktorat Pendidikan Agama Islam

PPG PAI Tahun 2022, Kemenag Kembali Kerja Sama dengan Pemerintah Daerah

Lombok (Dit. PAI) -- Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2022 kembali akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. Kerja sama ini terwujud dalam bentuk dukungan pembiayaan pelaksanaan PPG bagi guru-guru PAI di sekolah.



“Bantuan pembiayaan Pemda sudah dilaksanakan sejak tahun kemarin. Tahun ini sudah ada 4 Pemprov dan 93 Pemkab/Pemkot yang siap memberikan bantuan pembiayaan PPG,” jelas Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan PPG Tahap 2 di Lombok (23/6/2022).




“Sebagai program mandatori (wajib), Direktorat PAI tahun ini telah menganggarkan pembiayaan PPG bagi 5000 guru. Dengan tambahan dukungan pembiayaan dari Pemda, akan semakin banyak guru PAI yang dapat terakomodir,” lanjutnya.




Amrullah menyatakan, dukungan Pemerintah Daerah merupakan upaya bersama meningkatkan kualitas guru-guru PAI. Dengan langkah ini, harapannya ke depan semakin banyak guru PAI yang profesional, kompeten, dan sejahtera.




“Kepedulian semua pihak akan menjadi langkah akseleratif dalam peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru PAI,” tegas alumni UIN Jakarta ini.




Amrullah berharap, Kanwil Kemenag di daerah terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait Pembiayaan PPG PAI oleh Pemda.


“Silakan Bapak/Ibu Kabid menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah, sehingga kerja sama yang sudah berjalan dapat berlanjut bahkan meningkat untuk tahun-tahun selanjutnya,” pungkasnya.




Kasubdit PAI pada PTU, M. Munir menyampaikan, peserta PPG pembiayaan Pemda akan mengikuti PPG batch 2. “Kita akan segera memverfikasi data guru yang sudah masuk dan segera akan kita tindak lanjuti dengan penetapan LPTK untuk segera memulai tahapan PPG,” tambahnya.




Rapat Koordinasi Pelaksanaan PPG PAI Tahap 2 berlangsung pada tanggal 23-25 Juni 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dihadiri 34 Kepala Bidang PAI/PAKIS/PENDIS se-Indonesia. Hadir sebagai narasumber Panitia Nasional PPG, Hariman Siregar, Panitia Nasional UKM PPG Kemdikbud Ristek, Alfath Yanuarto, Panitia Nasional PPG Kemendikbud Ristek, Nuluddin dan Tim Pengembang LMS PPG, Ahmad Najibulloh. (kha)

(Subdit PTU)