Direktorat Pendidikan Agama Islam

Kemenag Perkuat Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Siswa PAI pada Sekolah



Foto: TBTQ SMP HOS Cokroaminoto Cianjur (Sumber: Pojok Cianjur)

Jakarta (Dit. PAI) – Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam berkomitmen memperkuat kemampuan baca tulis Al Qur’an pada siswa sekolah. Bentuk komitmen tersebut di antaranya adalah dukungan berupa Bantuan Program Tuntas Baca Tulis Al Qur’an (TBTQ) bagi MGMP PAI SMP Tahun 2022.

Hal demikian mengemuka dalam penjelasan Petunjuk Teknis Bantuan Program Tuntas Baca Tulis Al Qur’an (TBTQ) bagi MGMP PAI SMP. Dalam sambutannya, mewakili Direktur PAI, Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB Agus Sholeh menjelaskan makna penting ketuntasan baca tulis Al Qur’an pada siswa (24/6/2022).

“Dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Standar Isi, diuraikan bahwa ruang lingkup PAI di antaranya adalah Al Qur’an. Dengan demikian, kita berkewajiban membekali para siswa dengan kemampuan baca tulis Al Qur’an yang memadai,” jelasnya.

Agus menekankan, ketuntasan baca tulis Al Qur’an turut membentuk karakter Islami pada siswa. “Dengan Program TBTQ, kami berharap dapat menambah bekal siswa menjadi individu yang berkarakter Islami dan berbudi pekerti yang luhur,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pengembang Teknologi Pendidikan (Sub Koordinator Evaluasi dan Kurikulum) Subdit PAI pada SMP/SMPLB Biltiser Bachtiar menjabarkan lebih lanjut teknis bantuan Program TBTQ.

“Bantuan ini diharapkan menjadi pancingan bagi stakeholder PAI. Kami tekankan, sesuai Juknis Bantuan TBTQ Diretorat PAI Tahun 2022, bantuan ini agar digunakan untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Detil petunjuknya dapat dipelajari di Juknis tersebut,” paparnya.

Dirinya mengharapkan, pelaksanaan MTQ dapat mendorong dan membuka mata berbagai pihak terkait untuk lebih peduli pada Pendidikan Agama Islam, khususnya TBTQ.
“Masih banyak siswa yang berkesulitan dalam membaca Al Quran, padahal membaca lafaz Al Quran harus dengan tuntunan langsung agar dapat maksimal dalam penguasaannya. Kondisi pandemi Covid-19 menjadi kendala serius selama ini. Bantuan ini diharapkan mampu mengakselerasi kompetensi TBTQ siswa setelah sekian waktu terkendala kondisi pandemik,” jelasnya.

Penjelasan Petunjuk Teknis Program Tuntas Baca Tulis Al Qur’an (TBTQ) bagi MGMP PAI SMP Tahun 2022 dilaksanakan secara daring, diikuti oleh berbagai MGMP PAI SMP penerima bantuan ini. (BilB/SubditSMP)

(01)