Direktorat Pendidikan Agama Islam

MGMP PAI SMP Kota Pangkal Pinang Gelar Lomba MTQ

Pangkal Pinang (Direktorat PAI) -- MGMP PAI Kota Pangkal Pinang mengadakan lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) jenjang SMP se-Kota Pangkal Pinang pada Sabtu, 16 Juli 2022 di Pangkal Pinang. Dalam Lomba MTQ ini terdapat tiga jenis lomba, yakni Imla, Fahmil Quran. dan Syarhil Quran.

Lomba MTQ ini diikuti oleh 20 peserta, terdiri dari 10 peserta SMP Negeri dan 10 peserta SMP Swasta, Lomba MTQ ini diadakan mulai pukul 08.30 dimulai dari pembukaan, pelaksanaan lomba, hingga terakhir pengumuman pemenang.

Dalam pengantar pembukaan MTQ, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkal Pinang, Firmantasi, menyatakan dukungannya atas kegiatan ini. "Kementerian Agama Kota Pangkal Pinang menyambut positif kegiatan ini, sekaligus meyakini manfaatnya bagi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) dan para siswa di sekolah," demikian disampaikannya di Pangkal Pinang (15/7/2022).

Walikota Pangkal Pinang, yang dalam hal ini diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Syahrial, menyatakan apresiasi atas ide dan pelaksanaan kegiatan ini. “Pemerintah Kota Pangkal Pinang," kata Syahrial dalam sambutannya sekaligus pembukaan acara secara resmi, "sangat mengapresiasi kegiatan lomba MTQ, mengingat tugas pemerintah daerah bukan hanya urusan administrasi dan pembangunan, namun juga dukungan terhadap aspek atau urusan agama pada masyarakat."

Dirinya juga menyampaikan dukungan dan koordinasi yang selalu dilaksanakan kedua belah pihak (Pemkot dam Kemenag Kota Pangkal Pinang). "Penyelenggaraan lomba seperti ini secara tidak langsung membantu realisasi tugas dan fungsi pemerintah daerah dalam menjalankan pembentukan urusan umat beragama. Pemerintah kota pangkal pinang selalu berkoordinasi dengan Kankemenag dalam urusan agama dan mendukung segala bentuk kegiatan yang mengedepankan kemaslahatan umat beragama,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) Subdit PAI pada SMP/SMPLB Hasan Basri, yang dalam hal ini mewakili Direktur PAI dan Kasubdit PAI SMP/SMPLB, menilai adanya aspek fundamental dalam lomba MTQ. “Lomba MTQ ini sangat penting sebagai bagian dari literasi Al Qurán. Kesadaran dan kompetensi literasi ini mampu membangun akhlak mulia dan budi pekerti para siswa ke depannya," kata Hasan.

Alumni UIN Jakarta dan UI ini juga memberikan dorongan dan motivasi terhadap para kontestan MTQ. "Siapapun yang menang dalam Lomba MTQ ini nantinya akan dikirim ke Jakarta, namun sebelumnya harus menang pada lomba MTQ tingkat provinsi, kemudian baru dilombakan lagi pada tingkat nasional pada acara besar tahunan Direktorat PAI, yakni pentas PAI,” terangnya.

Sementara itu, pada acara ini Ketua MGMP PAI SMP Kota Pangkal Pinang, Ahmad Faisal, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pelaksanaan MTQ ini. “Kami sangat berterima kasih kepada Direktorat Pendidikan Agama Islam atas dana Bantuan Tuntas Baca dan Tulis Qurán (TBTQ), sehingga kami dapat menyelenggarakan Lomba MTQ tingkat Kota Pangkal Pinang," jelas Faisal.

Dirinya menjelaskan proses seleksi bantuan dimaksud."Dari 500 kabupaten kota di Indonesia yang mengikuti seleksi bantuan di Direktorat PAI, Alhamdulillah Kota Pangkal Pinang menjadi salah satu dari 10 kabupaten kota yang dipercayai mendapatkan bantuan tersebut," imbuhnya bersyukur.

Dia juga berharap atas manfaat lomba dan bantuan yang diterima. "Semoga bantuan dan realisasinya ini memacu semangat dan motivasi peserta didik dan guru PAI dalam mendalami Al-Qur’an dan menyiarkannya lewat lomba MTQ. Semoga tiap tahunnya kami terus dapat mengadakan lomba MTQ,” tutup Faisal. (Adel/SubditSMP)


(01)