Direktorat Pendidikan Agama Islam

Grup Band Rohani Islam Pelajar Dapat Dilombakan pada Tingkat Nasional

Pamekasan, Madura (Direktorat PAI) – Kegiatan MTQ Pelajar SMP Se-Kabupaten Pamekasan yang dilaksanakan pada tanggal 14 September menyisakan cerita baik dalam pementasannya. Dalam pembukaan acara, grup band Al Banjari dari SMPN 5 Pamekasan dan Nasyid kolaborasi SMPN 1 dan SMPN 8 Pamekasan menampilkan lagu rohani yang dibawakan dengan apik dan berhasil memukau para pengunjung.

Hal demikian dirasakan dan dilihat langsung oleh Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB, Agus Sholeh. Dalam pandangannya, penampilan grup band pelajar SMP yang membawakan lagu-lagi islami sudah sangat layak dinikmati.

"Performa grub band pelajar SMP dalam membawakan lagu islami sangat menarik dan bagus sekali musikalitasnya. Saya mendapat informasi, banyak juga grup serupa dengan kualitas yang juga setara yang berasal dari SMP lainnya. Kita akan dorong dan upayakan mereka dapat tampil di event yang lebih besar,"terangnya (14/9) di Pamekasan.

Agus Sholeh juga menyampaikan apresiasinya atas pembinaan yang dilakukan untuk penampilan para pelajar SMP tersebut. "Kami sampaikan apresiasi dan dukungan kepada sekolah, dewan guru, dan pembimbing lainnya yang mampu melatih dan membentuk kemampuan musikalitas para pelajar hingga sebagus ini," katanya.

Dirinya meyakini, seni pertunjukan islami dapat mendukung upaya internalisasi dan penguatan akhlak islami. "Sebagaimana yang disampaikan pemikir terkemuka Islam, Ismail Raji Al Faruqi, seni Islam mengandung banyak sekali nilai estetis yang dalam. Jika mampu dikelola dengan tepat dalam medium penyampaiannya, nilai estetitis ini dapat mendorong tingkat kesalehan seseorang, dalam hal ini pelajar," paparnya lebih jauh.

"Saya meyakini dan berharap, suatu saat pimpinan kita, dalam hal ini Bapak Menteri Agama dan pimpinan lainnya, dapat menikmati secara langsung kepiawaian para pelajar SMP dalam membawakan lagu islami. Dengan begitu, kesenian islami yang dibawakan para pelajar dapat berjalan seiring dengan program penguatan Pendidikan Agama Islam secara umum," harapnya sekaligus mengakhiri perbincangan. (ArifH/SubditSMP)

(01/SM)