Direktorat Pendidikan Agama Islam

Kanwil Kemenag Kalsel Fasilitasi Induksi Retaker PPG PAI


Banjarmasin (Dit. PAI) - Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pendampingan (Induksi) kepada 35 orang guru PAI yang akan mengikuti Ujian Pengetahuan (UP).

"Induksi dilaksanakan dengan menimbang data hasil kelulusan peserta calon kandidat yang sudah lebih dari satu kali (Retaker) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam jabatan tahun 2019 dan 2021, yang mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG) pada Batch I Tahun 2022, di mana terdapat 41persen peserta yang mendapat predikat lulus secara nasional," ujar Kepada Bidang PAPKIS Kanwil Kemenag Kalsel Ahmad Sawiti saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (10/11) .

Dirinya juga menjelaskan jumlah kepesertaan induksi retaker ini. "35 peserta yang mengikuti Retaker asal Kalsel terdiri dari unsur Guru PAI pada Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)" imbuhnya.

Sementara Oban Subandi, yang bertindak sebagai dosen Induksi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dalam penyampaiannya menjelaskan mekanisme induksi persiapan UKMPPG yang akan dilaksanakan dengan dua mekanisme, yaitu sistem daring (online) dan luring (tatap muka). “Induksi persiapan UKMPPG kemarin sudah dilaksanakan dengan pola daring selama 4 (empat) hari, saat ini kita jalankan sistem luring,” jelasnya.

Subandi juga mengungkap musabab secara umum tidak lulusnya peserta PPG, yakni kesulitan dalam memahami soal-soal pengetahuan teknis terkait konteks Pedagogik dan Profesional. “Secara praktek dan pengalaman, saya yakin mereka telah menjalani dengan baik, namun secara teoritis masih ada beberapa hal yang harus mereka perdalam, terutama yang berkaitan dengan Pedagogik dan Profesional,” ungkapnya.

Subandi berharap, 35 orang peserta induksi retaker asal Kalsel akan lulus dalam UP PPG yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. “Kita berikan bimbingan dan pendampingan cara mencermati soal-soal secara maksimal. Dengan demikian, besar harapan mereka akan bisa lulus kali ini,” harapnya.

Induksi Retaker UKMPPG PAI mengambil tempat di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel selama 1 (satu) hari penuh yang diisi bimbingan secara umum dan praktik langsung menjawab soal-soal UP PPG melalui aplikasi secara online. (Dayat/Yanti/TimMediaPAI)

Kontributor: Fahrina Hayati (PTP Ahli Muda pada Bidang Papkis Kanwil Kemenag Kalsel)

Sumber: Bidang Papkis Kanwil Kemenag Kalsel


(01/SM)