Direktorat Pendidikan Agama Islam

SIAGA Mobile Mudahkan Administrasi Guru Agama

Jakarta (Dit. PAI) – Dalam rangka menyemarakkan Hari Guru Nasional 2022, Direktorat Pendidikan Agama Islam turut memberikan warna baru dan terobosan dalam layanan administrasi guru agama, yakni dengan peluncuran aplikasi Siaga Mobile.

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) merupakan sistem administrasi pendataan guru agama yang dikembangkan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Aplikasi pendataan tersebut kini telah dikembangkan dalam versi mobile yang dapat diunduh oleh guru agama melalui smartphone.

Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah menyampaikan, pengembangan SIAGA dalam bentuk aplikasi mobile adalah bentuk implementasi program prioritas Kementerian Agama dalam mewujudkan transformasi digital. “Salah satu program prioritas Kementerian Agama dalam transformasi digital kita wujudkan melalui aplikasi SIAGA Mobile,” tutur Amrullah di Jakarta (28/11).

Menurutnya, penggunaan SIAGA Mobile dapat memudahkan guru dalam hal administratif, baik berupa pembaharuan data guru, pengisian jadwal, sertifikasi, tunjangan, dan program lainnya.

Di samping itu, verifikasi data, baik yang dilakukan pada tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat Provinsi dapat dilakukan melalui genggaman smartphone.
"Cukup dengan menggunakan smartphone, para guru agama dapat mengoperasikan Siaga Mobile. Dengan demikian layanan administrasi guru agama dapat dijalankan dengan cepat dengan tetap memperhatikan presisi dokumen yang diperlukan," tambahnya.

Amrullah berharap, SIAGA Mobile dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada guru agama dalam pengembangan profesi mereka. “Mudah-mudahan SIAGA Mobile ke depan dapat mendukung proses layanan digital bagi guru agama di sekolah untuk pengembangan profesi guru yang bersifat administratif maupun peningkatan kompetensi guru itu sendiri,” pungkasnya. (Mif)

Siaga Mobile dapat diunduh melalui link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kemenag.siaga

(03/Mif)