Direktorat Pendidikan Agama Islam

Kakanwil Bengkulu: Jurnal PAI SMP Merupakan Inovasi yang Patut Diapresiasi

Bengkulu (Dit. PAI) -- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam SMP Provinsi Bengkulu kembali menerbitkan jurnal PAI SMP "Al Ilm" untuk volume I edisi 2. Jurnal berisikan 8 artikel ini merupakan hasil tulisan dari beberapa Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) yang berasal dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Muhammad Abdu menyampaikan apresiasi atas kembali terbitnya jurnal edisi kedua ini.

‘’Karya ilmiah dalam jurnal ini merupakan Inovasi yang patut kita apresiasi,’’ ungkap Kakanwil didampingi Kabid PAKIS, Albahri, ketika menerima audiensi pengurus MGMP di ruang kerjanya. Selasa, (6/12/2022).

Muhammad Abdu juga berharap, penerbitan jurnal ini dapat meningkatkan mutu GPAI dalam menganalisis jenis hambatan pembelajaran, di samping kemajuan proses pembelajaran.

‘’Keberadaan jurnal ini dapat menjadi acuan atau tolok ukur kualitas penyelenggaraan pembelajaran. Karenanya, saya meminta program ini terus dipertahankan,’’ pinta Kakanwil.

Lebih lanjut, Kakanwil juga berharap Jurnal ini dapat berperan sebagai pedoman mengajar agar dapat digunakan sebagai acuan presentasi, sehingga dapat meningkatkan kompetensi GPAI agar mahir dalam mengajar.

‘’Mahir tidak dapat dijadikan acuan keberhasilan menjadi seorang guru, melainkan harus mampu menghadirkan berbagai cetusan ide-ide serta inovasi menarik, untuk memperbaiki kesalahan. Membaca dan menerbitkan jurnal akan sangat membantu GPAI dan Pengawas dalam meningkatkan kompetensi,’’ tegas Kakanwil.

Pada kesempatan yang sama, Ketua MGMP Provinsi Bengkulu Yeti Herliza mengungkapkan komitmennya atas penerbitan jurnal Al Ilm. ‘’Kami berkomitmen akan terus berinovasi dalam penerbitan jurnal Al Ilm pada edisi berikutnya,’’ jelas Yeti.

"Alhamdulillah, volume pertama Al Ilm yang dilaunching pada tanggal 28 Desember 2021 dan volme kedua ini mendapat dukungan yang positif dari semua kalangan, dari para akademisi hingga pejabat di lingkungan Kemenag," paparnya.

‘’Mudah-mudahan berbagai dukungan ini dapat menambah energi yang positif bagi kami untuk terus berkarya,’’ pungkas Yeti. (TatangWss/SubditSMP)

(01/SM)