Direktorat Pendidikan Agama Islam

Kanwil Kemenag Lampung Launching Jurnal Al Fahmul Kamil Hasil Karya MGMP PAI SMP

Bandar Lampung (Dit. PAI) – Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung melakukan Launching Jurnal ilmiah Al Fahmul Kamil yang diterbitkan oleh Pengurus MGMP PAI SMP Provinsi Lampung di Aula Hotel Nusantara Syari’ah Lampung, Sabtu (10/12/2022).

Kegiatan launching dihadiri oleh Kasubdit PAI SMP/SMPLB Agus Sholeh, sejumlah Dosen Pasca Sarjana UIN Raden Intan Lampung, pejabat Kanwil Kemenag Propinsi Lampung dan para guru dan pengawas PAI SMP Propinsi Lampung, baik yang melalui luring maupun daring.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, yang diwakili oleh Kabid PAPKIS Karwito, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dan kesungguhan para pengurus MGMP PAI SMP Propinsi Lampung yang telah menerbitkan jurmal ilmiah untuk menampung karya-karya para guru PAI SMP di Propinsi Lampung.

“Saya menyampaikan apresiasi atas kerja keras para Pengurus MGMP PAI SMP Propinsi Lampung ini yang telah berhasil menerbitkan Jurnal ilmiah Al Fahmul Kamil. Ini merupakan suatu langkah baru dalam dunia literasi di Lampung. Saya berharap jurnal ini dapat mengembangkan budaya ilmiah para guru agar mereka tidak kehilangan minat dalam membaca dan menulis,’’ kata Kakanwil.

Dengan adanya jurnal ini, kata Kakanwil, akan meningkatkan semangat para guru PAI saat ini baru saja mengalami penurunan semangat, akibat pandemic Covid 19.

“Jurnal ini harus terus dikembangkan. Jangan hanya terbit sekali dan kemudian berhenti. Saya yakin para guru PAI SMP di Lampung ini bisa menulis dengan baik, karena banyak isu-isu menarik yang bisa ditulis,” imbuhnya.

Ia berharap agar jurnal Al Fahmul Kamil ini juga menyuarakan berbagai gagasan baru dan segar dari para guru PAI Lampung.

“Ini menjadi instrument yang strategis bagi para guru PAI SMP untuk menyampaikan pandangan atau gagasannya. Coba tulis apa yang menjadi perhatian para guru dan kemudian viralkan. Terbitkan. Karena saya yakin banyak guru PAI di Lampung yang aktif menulis, kreatif dan dapat menjadi inspirasi bagi yang lain,” katanya.

Sementara itu Kasubdit PAI SMP/SMPLB, Agus Sholeh, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kerja keras para pengurus MGMP PAI SMP Propinsi Lampung yang telah menerbitkan jurnal Al Fahmul Kamil ini dapat memacu para guru lainnya untuk aktif meneliti dan menulis.

“Saya tetap bangga dan bersyukur, walau agak terlambat, tetapi MGMP PAI SMP Lampung telah berhasil mewujudkan tantangan kami, yaitu membuat jurnal ilmiah. Saya berharap adanya jurnal ini dapat meningkatkan ghirah membaca dan menulis para guru PAI SMP di Lampung ini”. kata Agus Sholeh.

Menurut Kasubdit, Direktorat PAI Kementerian Agama akan terus mendorong agar para guru PAI di SMP meningkatkan mutu dan kualitasnya dalam dunia tulis menulis karena banyak isu yang menarik untuk ditulis.

“Kita menghadapi berbagai tantangan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, seperti masalah radikalisme, dekadensi moral, toleransi, dan lain sebagainya. Dan ini semua menunggu respon dari kita semua”, kata Agus Sholeh.

Karena itu dia meminta agar para guru PAISMP di Lampung ini dapat menulis pengalaman-pengalaman baik (best practise) mengajar PAI di sekolah yang dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru lain dan dapat dipelajari oleh dunia luar.

“Saya berharap agar Pengurus MGMP PAI SMP Lampung dapat mengkoordninir para guru PAI SMP agar menulis pengalaman-pengalaman mereka dalam mengajar di sekolah dan dapat menjadi inspirasi bagi yang lainnya”, ujar Kasubdit.

Sebelumnya, Ketua MGMP PAI SMP Propinsi Lampung Azam Salimi melaporkan bahwa jurnal Al Fahmul Kamil dapat terbit atas dukungan dari Direktorat PAI Kementerian Agama melalui program pemberdayaan MGMP PAI SMP.

“Dengan adanya dukungan dari Subdit PAI SMP Kementerian Agama, Alhamdulillah, akhirnya kami dapat menerbitkan jurnal Al Fahmul Kamil ini, walau agak terlambat launchingnya”, kata Azam.

Ia mengatakan bahwa tidak mudah menyiapkan jurnal ini, terutama karena minimnya pengalaman para pengurus MGMP dan guru-guru PAI SMP dalam bidang jurnal.

“Kami harus jujur mengatakan bahwa kami tidak punya pengalaman dalam menerbitkan jurnal ilmiah ini. Karena itu bersamaan dengan launching ini kami juga akan lakukan workshop penulisan karya ilmiah yang akan dibimbing oleh para ahli dari Pasca Sarjana UIN Raden Intan”, ungkap Azam Salimi yang kembali terpilih sebagai Ketua MGMP PAI SMP Propinsi Lampung periode 2022 – 2027.

Dirinya berharap agar diwaktu mendatang ada dukungan dari berbagai pihak agar jurnal Al Fahmul Kamil ini dapat terbit terus dan semakin baik.

“Kami berharap agar Bapak Kakanwil dan Direktur PAI dapat terus mendukung dan membimbing kami agar jurnal Al Fahmul Kamil ini dapat terus terbit dan menjadi kebanggaan para guru PAI SMP di Lampung”, ungkap Azam yang merupakan guru PAI di SMPN 2 Bandar Lamoung.

Kegiatanlaunching kemudian dilanjutkan dengan penyerahan jurnal yang telah diterbitkankepada para pejabat dan penulis dan dialnjutkan dengan Pengukuhan Pengurus MGMPPAI SMP Propinsi Lampung Periode 2022 – 2027.

(Subdit PAI SMP/SMPLB)