Direktorat Pendidikan Agama Islam

Kemenag dan Pemerintah Kota Padang Sidempuan Luncurkan Jurnal Mutawassit

Padang Sidempuan (Dit. PAI) -- Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMP Kota Padang Sidempuan menggelar peluncuran (launching) Jurnal Mutawassit pada hari Sabtu, 24 Desember 2022. Launching diadakan di Aula UIN Syahada Padang Sidempuan.

Hadir dalam peluncuran Jurnal Mutawassit ini Rektor UIN Syahada Padang Sidempuan Mohamad Darwis Dasopang dan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Muksin Batubara.

Selain itu, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Sidempuan yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan yang diwakili Kasi PAKIS Maralias, Dekan FTIK UIN Syahada Lelya Hilda, Kepala Dinas Koperasi Tapanuli Tengah Samrul Bahri Hutabarat (mantan guru PAI berprestasi Tk. Nasional), dan undangan lainnya.

Memberikan pandangannya dalam launching Jurnal Mutawassit, Rektor UIN Syahada Padang Sidempuan Mohammad Darwis Dasopang menyatakan kesiapan dan kesediaanya dalam memberi dukungan terhadap jurnal ini. "UIN Syahada Padang Sidempuan sebagai mitra bestari Jurnal Mutawassit siap memberikan pendampingan terhadap peningkatan mutu Jurnal Mutawassit. Dengan kerja sama yang baik, kami yakin junal ini dapat segera terakreditasi," katanya (24/12).

Sementara itu, Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, melalui sambutan tertulisnya, menyatakan senantiasa mendorong peningkatan mutu pendidikan, termasuk peningkatan profesionalitas dan karier guru PAI di Kota Padang Sidempuan dalam mewujudkan Padang Sidempuan yang BERSINAR (Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera).

"Pemerintah Kota Padang Sidempuan menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap penerbitan Jurnal Mutawassit MGMP PAI SMP Kota Padang Sidempuan. Terima kasih kepada Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI yang telah memberikan bantuan Pemberdayaan MGMP kepada MGMP PAI SMP Kota Padang Sidempuan. Semoga para guru PAI terus bersinergi meningkatkan profesionalisme dan kariernya untuk kemajuan pendidikan di Kota Padang Sidempuan," ungkapnya.

Setelahnya, Kabid PAKIS Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Muksin Batubara, mengharapkan karya otentik para pemnulis jurnal Mutawassit. "Kami berharap pada para guru PAI yang menulis di Jurnal Ilmiah agar berusaha menghindari plagiarisme dan terus berusaha meningkatkan mutu tulisan," harapnya.

Dalam launching ini, mewakili Direktorat Pendidikan Agama Islam, Pengembang Teknolog Pembelajaran (PTP) bidang Kesiswaan Subdit PAI pada SMP/SMPLB Herry Zakaria Anshary, memberikan pandangan dan harapannya.

"Direktorat Pendidikan Agama Islam berharap Jurnal Mutawassit dapat menjadi sarana bagi guru-guru Pendidikan Agama Islam untuk memublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah yang dibuatnya, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus memenuhi angka kredit kenaikan pangkat dari unsur publikasi ilmiah," paparnya.

Ditemui dalam acara ini, Ketua MGMP PAI SMP Kota Padang Sidempuan, Mulkeis, menjelaskan latar penerbitan jurnal Mutawassit. "Penerbitan Jurnal ini berasal dari Program Pemberdayaan MGMP Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Kami haturkan terima kasih atas bantuan dan dukungan ini," jelasnya.

Mulkies juga menambahkan, Jurnal Mutawassit ini dikomandoi Elli Farida Lubis selaku Ketua Tim Redaksi dan Madon Saleh sebagai Sekretaris Redaksi.

Acara peluncuran Jurnal Mutawassit dilanjutkan dengan Talkshow dengan narasumber Dekan FTIK UIN Syahada Lelya Hilda, Samsul Bahri Hutabarat (GPAI berprestasi tahun 2015), Ketua MGMP PAI SMP Padang Sidempuan,Mulkeis, dan anggota redaksi Jurnal Mutawassit.

Acara lauching berlangsung dengan meriah, dihadiri oleh sekitar 100 orang guru Pendidikan Agama Islam Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan Kabupaten Asahan. (SubditSMP/SMPLB)

(01/SM)