Direktorat Pendidikan Agama Islam

MGMP PAI SMP Kabupaten Pinrang Luncurkan Jurnal Ilmiah PAI "LASINRANG"

Pinrang (Dit. PAI) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMP Kabupaten Pinrang melaksanakan kegiatan peluncuran (launching) Jurnal Ilmiah PAI SMP "LASINRANG". Launching diadakan di Gedung PGRI Kabupaten Pinrang pada Rabu (28/12).

Hadir dalam kegiatan Launching Jurnal LASINRANG (Via Zoom) ini Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB Direktorat PAI, Kabid PAIS Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kepala Seksi PAIS Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain itu, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang, yang diwakili Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pinrang, yang diwakili Kasi PAIS, Pengawas PAI Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pinrang, para Pengurus KKG,MGMP SMA/SMK, dan undangan lainnya.

Dalam launching ini, mewakili Direktorat Pendidikan Agama Islam, Kasubdit SMP/SMPLB Agus Sholeh memberikan sambutan dan harapannya. "Jurnal LASINRANG ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi guru-guru Pendidikan Agama Islam untuk memublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah yang dibuatnya. Hal demikian dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus memenuhi angka kredit kenaikan pangkat dari unsur publikasi ilmiah," tuturnya (28/12)

Agus Sholeh menambahkan, mengelola dan menerbitkan jurnal tidak mudah, namun pengalaman awal MGMP PAI Kabupaten Pinrang membuktikan karya dan prestasi dalam mewujudkannya dengan dukungan berbagai pihak.

Disamping itu, dirinya memberikan dukungan kepada jajaran MGMP yang dinakhodai perempuan, di antaranya ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Pinrang dan Bondowoso. "Saya menilai, kontribusi perempuan dalam konteks penyusunan jurnal ilmiah PAI dan fungsi MGMP secara umum memiliki peran tersendiri dan unik. Ke depan, semoga kontribusi kaum perempuan bisa turut membawa MGMP PAI menjadi lebih baik," harapnya.

Di samping itu, Kepala Bidang PAIS Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap penerbitan Jurnal LASINRANG MGMP PAI SMP Kabupaten Pinrag. "Terima kasih kepada Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama yang telah memberikan bantuan Pemberdayaan MGMP kepada MGMP PAI SMP Kabupaten Pinrang. Mari terus bersinergi meningkatkan profesionalisme GPAI untuk kemajuan Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Pinrag," ungkapnya.

Memberikan pandangannya dalam launching Jurnal LASINRANG, Kasi PAIS Kanwil menilai Jurnal ini terbit berkat kerja sama solid pengurus dan berbai pihak terkait. "Satu-satunya penerima Bantuan Pemberdayaan SMP/SMPLB di Sulawesi Selatan adalah MGMP PAI Kabupaten Pinrang. Jurnal ini adalah salah satu wadah yang dapat menghimpun penulis-penulis dari Guru PAI di Kabupaten Pinrang. Keberhasilan pengurus Jurnal adalah keberhasilan kami di seksi PAIS juga," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pinrang yang dalam hal ini diwakili Kabid PTK, memberikan apresiasinya kepada MGMP PAI Kabupaten Pinrang karena berhasil menerbitkan jurnal Ilmiah LASINRANG.

"Jurnal ini bisa menjadi motivasi bagi guru-guru Mapel lain yang ada di Lingkup Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang utuk berkarya dan berkolaborasi menghasilkan karya ilmiah terbaik. Guru PAI adalah mitra kami dalam memajukan Pendidikan di Kabupaten Pinrang," jelasnya yang telah memberikan fasilitas Aula Kantor Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pinrang untuk dijadikan tempat pertemuan bagi seluruh aktivitas MGMP PAI setempat.

Dalam laporannya, Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Pinrang, Marwiah, menjelaskan latar belakang pemberian nama jurnal LASINRANG. "Lasinrang adalah akronim Literasi Pendidikan Islam dan Ruang Analisis Guru. Selain itu, penamaan LASINRANG mengambil nama tokoh daerah kabupaten Pinrang yaitu PETTA LASINRANG yang berarti pemuda yang kuat dan Tangguh," paparnya.

Harapannya, penamaan tersebut akan mendorong lahirnya Guru PAI yang kuat dan tangguh dalam menulis ilmiah di bidangnya. (SubditSMP/SMPLB)

(01/SM)