Direktorat Pendidikan Agama Islam

Menengok Peluncuran Jurnal Ilmiah PAI "Al Qolby" di ujung Sulawesi

Pasangkayu, Sulbar (Direktorat PAI) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, meluncurkan Jurnal Ilmiah PAI SMP "Al-Qolby" pada Sabtu (31/12/22). Acara peluncuran Jurnal "Al-Qolby" bertempat di ruang rapat Dapur Tandjung, Pasangkayu.

Turut mengikuti acara peluncuran ini Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB Direktorat PAI Kemenag (online), Agus Sholeh, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pasangkayu, Abidin, Kasi Pendis Kementerian Agama Kabupaten Pasangkayu, Haerul Musa, Pengawas PAI se-kabupaten Pasangkayu Wahyuddin, dan Pengurus MGMP PAI SMP serta Guru PAI SMP Se-Kabupaten Pasangkayu.

Mewakili Direktorat PAI, Agus Sholeh memberikan pandangan dan kebanggannya atas karya ilmiah para Guru PAI. "Apa yang dilakukan hari ini melalui launching Jurnal Al Qolby dan berbagai karya ilmiah di dalamnya, merupakan bukti bahwa Guru PAI saat ini sangat kreatif dan produktif dalam mengembangkan ide-ide guna kemajuan Pendidikan pada umumnya dan Pendidikan Agama Islam pada khususnya,” terangnya secara virtual (31/12).

"Kami sampaikan selamat sekaligus apresiasi pada Bapak Ibu GPAI yang telah turut berkontribusi terhadap penerbitan Al Qolby pada peran masing-masing. Semoga penerbitan Jurnal Ilmiah Al Qolby dapat turut menjadi media untuk mencari solusi atas masalah-masalah pembelajaran yang sering ditemui di lapangan," imbuhnya.

Selain itu, dirinya menambahkan harapan pada GPAI untuk partisipatif atas penerbitan Jurnal Al Qolby. "Jurnal Ilmiah PAI SMP adalah wadah dan panggung bagi, khususnya, para GPAI dalam menuangkan gagasan ilmiah berdasar pengalaman dan wawasan intelektual yang dimiliki. Mari kita manfaatkan sebaik-baiknya," katanya.

Peluncuran Jurnal ini dirasa sangat istimewa karena dilaksanakan di pengujung tahun dan menjadi kegiatan penutup, apatahlagi dihadiri oleh pimpinan lembaga terkait di tingkat kabupaten, sehingga diharapkan tujuan yang ingin dicapai dengan adanya jurnal ini dapat terwujud secara maksimal.

Hal demikian sebagaimana ungkapan ketua MGMP PAI SMP Pasangkayu, Fitri. "Kami sebagai pengurus MGMP PAI SMP Pasangkayu mengucap syukur alhamdulillah atas penerbitan jurnal Al Qolby. Dapat kami sampaikan bahwa penerbitan jurnal Al Qolby melewati upaya yang cukup panjang dengan berbagai kendala dan tantangan yang ada. Di awalnya, kami malah merasa tidak sanggup untuk melanjutkan amanah penyusunan jurnal dari Direktorat Pendidikan Agama Islam Kemenag ini," tuturnya.

"Alhamdulillah dengan kerja sama dan dukungan UIN Datokarama Palu, kami dapat mewujudkan amanah tersebut. Ketua Pascasarjana UIN Datokarama dan sivitas akademika lainnya senantiasa mendukung dan memberikan motivasi kepada kami, hingga saat ini kami mampu meluncurkan jurnal "Al-Qolby" dengan sukses," terangnya.

Mengakhiri keterangannya, Fitri mengungkap bahwa nama Al Qolby dipilih karena memiliki makna "hati", dengan harapan agar para pembaca jurnal ini selalu bisa melapangkan hatinya dalam membaca jurnal Al Qolby dan mendapatkan manfaat serta inspirasi di dalamnya. (SubditSMP/SMPLB)

(01/SM)