Daftar Berita Pendidikan Islam

Kamis, 19-04-2018 20:57
IAIN Jember Gelar Dialog Kebangsaan
Foto

Jember (Pendis) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar Dialog Nasional Kebangsaan dan Bedah Buku Tata Kelola Kekayaan Negara. Dialog kebangsaan ini dimaksudkan sebagai respon kalangan perguruan tinggi terhadap realitas kemandirian bangsa.

Dekan Fakultas... Selengkapnya

 
Kamis, 19-04-2018 20:44
IAIN Batusangkar Gandeng Yayasan Islam Kelantan Untuk KKL Mahasiswa
Foto

Kelantan (Pendis) - IAIN Batusangkar terus melebarkan kerjasama internasional diantaranya dengan Negeri Kelantan Malaysia melalui Yayasan Islam Kelantan (YIK) milik kerajaan. Salah satu wujud konkritnya adalah akan diselenggarakannya Praktek Kerja Lapangan (PPL) bagi... Selengkapnya

 
Kamis, 19-04-2018 00:00
M. Fatah Prassetyo Atlet Anggar Asal STAIN Bengkalis, Wakili Indonesia di Ajang Asian Games 2018
Foto

Bengkalis (Pendis) - Muhammad Fatah Prassetyo adalah satu diantara olahragawan yang akan bertanding di ajang bergengsi Asian Games 2018, pada Mei mendatang di Palembang dan Jakarta.

Fatah demikian sapaan akrabnya, akan mewakili Indonesia pada cabang lomba Fencing... Selengkapnya

 
Kamis, 19-04-2018 00:00
Pengumuman Hasil SNPDB MAN IC dan MAN PK Tahun 2018
Foto

Jakarta (Pendis) - Hasil Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Insan Cendekia (MAN IC) dan Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAN PK) tahun 2018 diumumkan oleh panitia.

Ini daftar nama-nama siswa yang lolos. Apakah kamu salah satunya? Silahkan cek... Selengkapnya

 
Rabu, 18-04-2018 20:33
Kementerian Agama Berkomitmen Penuh Terhadap Penguatan Kelembagaan Mahad Aly
Foto

Tangerang (Pendis) - Kementerian Agama terus berupaya memperkuat kelembagaan Ma`had Aly. Sebagai sebuah Perguruan Tinggi yang berbasis kitab kuning dan diselenggarakan oleh Pondok Pesantren, maka Ma`had Aly tetap didorong untuk menyelesaikan proses penguatan kelembagaan,... Selengkapnya

 
Rabu, 18-04-2018 11:38
Kita Butuh Undang-Undang tentang Pendidikan Keagamaan dan Pesantren!
Foto

Jakarta (Pendis) - Demikian pernyataan Dr. Ahmad Zayadi selaku Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) ketika melakukan Konsinyering Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam di Jakarta, Selasa (17/04).

Dalam paparannya, Ahmad Zayadi menyampaikan bahwa... Selengkapnya

 
Selasa, 17-04-2018 11:36
Kepala MA Miliki Peran Dalam Meningkatkan Manajarial dan Kewirausahaan
Foto

Bogor (Pendis) - Kepala Madrasah Aliyah memiliki peran penting dalam meningkatkan manajerial Madrasah Aliyah (MA). Demikian disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Suyitno dalam acara Workshop Kompetensi Kepala Madrasah di Bogor, Senin... Selengkapnya

 
Selasa, 17-04-2018 10:18
Kamaruddin Amin: Perkemahan Wirakarya PTK Harus Bersinergi dengan Pengabdian Masyarakat
Foto

Serpong (Pendis) - Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen Pendidikan Islam melakukan pematangan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) XIV yang akan digelar pada 3 s/d 10 Mei 2018 mendatang.

Kamaruddin... Selengkapnya

 
Selasa, 17-04-2018 10:07
Habib Al-Jufri: Tugas Pendidik adalah Membenahi Kemanusiaan Peserta Didik
Foto

Depok (Pendis) - Forum Pertemuan Dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU) yang diselenggarakan pada hari Rabu s/d Jumat (11 s/d 13 April 2018) kemarin menghadirkan Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri, yang juga dikenal juga dengan... Selengkapnya

 
Selasa, 17-04-2018 00:00
Kemenag dan LPDP Finalkan Juknis Beasiswa Bagi Santri
Foto

Jakarta (Pendis) - Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) melakukan finalisasi petunjuk teknis (juknis) beasiswa santri dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Hadir mewakili Direktur Utama LPDP Kemenkeu, Rumiati, Ph.D selaku Kepala Divisi... Selengkapnya

 
Halaman

Index Berita

Tanggal Bulan Tahun Kategori

International Islamic
Education Exhibition



ICE-BSD City, 21-24 November 2017
Theme: Indonesian Islamic Education for Global Peace

Selengkapnya

Tolak Gratifikasi

Zona Integritas Direktorat Jenderal Pendidikan Islam

Madrasah

Lembaga Pendidikan Formal Dibawah Kementerian Agama dari tingkat Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Aliyah.

Selengkapnya

Pendidikan Diniyah &
Pondok Pesantren


Pemerataan pembangunan ke seluruh masyarakat melalui pendidikan diniyah dan pondok pesantren.

Selengkapnya

Pendidikan Tinggi
Keagamaan Islam


Pengelolaan terhadap Perguruan Tinggi Agama Islam baik Negeri maupun Swasta.

Selengkapnya
Data Pendidikan Islam (EMIS)
Data Pokok terdiri dari semua Jenjang Pendidikan
Regulasi Pendis
Regulasi terkait Pendidikan Islam
Bantuan dan Layanan.
Daftar Layanan Publik dan Bantuan
E-Book Pendis
Kumpulan Publikasi dan Informasi dalam bentuk digital


Assalamu alaikum Wr. Wb.
Para pembaca yang kami hormati. Selamat datang di situs web Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Situs web ini merupakan salah satu media informasi yang dapat diakses secara luas oleh para stakeholder pendidikan Islam dan masyarakat juga diharapkan menjadi salah satu referensi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi-informasi terkait dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pengembangan pendidikan Islam yang menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN, program pendidikan Islam saat ini telah menyentuh sejumlah target strategis, seperti peningkatan akses dan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD); peningkatan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun); peningkatan akses, mutu dan relevansi pendidikan tinggi Islam; peningkatan layanan pendidikan keagamaan yang berkualitas; peningkatan kualitas pendidikan agama pada satuan pendidikan umum; serta peningkatan tata kelola pendidikan agama.
Target-target strategis tersebut dituangkan melalui berbagai kegiatan berskala nasional, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bidik Misi, beasiswa bagi siswa/santri/mahasiswa berprestasi, rehabilitasi ruang kelas, bantuan peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan guru/dosen, sertifikasi guru/dosen, tunjangan guru/dosen, pengembangan madrasah unggulan, penerapan kurikulum RA/Madrasah, dan lain-lain.
Melalui media situs web ini, pembaca diharapkan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Selamat membaca.
Wassalam,
Kamaruddin Amin
Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama R.I

Pengumuman

Pengumuman Lainnya ...


LAYANAN PUBLIK

  Foto Galeri

Galeri Foto Lengkap...







Buku Statistik


  Berita



Foto


Foto


Foto


Foto


Foto


Foto


Foto


Index Berita ...

  Artikel Pilihan




Foto


Foto


Foto






  Diskusi Pendis

  Download

  Twitter

  Facebook