Berita Pendidikan Islam

Serahkan SK Prodi Baru, Kemenag: Transformasi Lembaga adalah Ciri Lembaga Berkembang


Foto

Padangsidimpuan (Pendis) --- Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhamamd Ali Ramdhani mengatakan bahwa Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri (PTKIN) saat ini terus berkembang.  Dengan banyaknya PTKIN yang bertransformasi dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) menjadi penanda bahwa PTKIN di Indonesia mengalami perkembangan.

“Transformasi lembaga adalah ciri sebuah lembaga itu berkembang,” ujar Dhani saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) Program Studi  sekaligus mengisi seminar Pengembangan Kelembagaan di IAIN Padangsidimpuan, Sabtu (20/02).

Dikatakan Dhani, ketika sebuah lembaga melakukan transformasi, maka ada nilai-nilai prinsipal yang tidak boleh dihilangkan atau dilupakan. Menurutnya, sebagai warga PTKIN yang notabene adalah masyarakat pembelajar, maka harus selalu beradaptasi pada perubahan jaman, tetapi ada hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu nilai-nilai keaslian atau lokal wisdom.

“Transformasi adalah sebuah keniscayaan, tetapi memegang kokoh dan berpegang teguh pada nilai keaslian atau nilai fundamental adalah hal yang tak boleh ditanggalkan,” tegas Dhani.

Dalam mewujudkan transformasi lembaga, lanjut Dhani,  harus dibangun tim yang kuat dan solid. Sehingga tujuan yang akan dicapai akan terlaksana dengan baik sesuai visi dan misi yang dibangun bersama.  “Kita harus membangun super tim, jangan ada superman. Saat ini, kita hidup harus saling berkolaborasi, dimana kemampuan masing-masing  harus disatupadukan agar menjadi kekuatan,” ujarnya.

Dengan banyaknya PTKIN yang ingin beralih status, Dhani mengingatkan bahwa relevansi prodi dan kurikulum yang ada harus bersinergi dengan program pemerintah. “Kita memiliki tugas yang sama yaitu menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing untuk sebuah bangsa yang modern. Hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah pusat maupun pihak perguruan tinggi,” kata Dhani.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang,  mengatakan bahwa DPR RI mendukung sistem Pendidikan Islam yang lebih baik. Dirinya, menegaskan akan mendukung peningkatan status IAIN Padangsidimpuan menjadi Universitas Negeri Islam (UIN).

“Transformasi pendidikan dari IAIN Padangsidimpuan ke UIN sepenuhnya akan kita dukung,” tegas Marwan.

Diupload oleh : MAR (-) | Kategori: Kegiatan DIKTIS | Tanggal: 22-02-2021 09:28