Thobib al-Asyhar, Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam

Thobib al-Asyhar, Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam

Semarang (Pendis) - Direktorat Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI dengan Rumah Publikasi UIN Sunan Ampel Surabaya berhasil mengadakan pendampingan terhadap 80 artikel invited panel pada ajang AICIS 2024 yang ditulis para dosen dan peneliti dari PTKIN, PTKIS, PTN, PTS, BRIN, dan peneliti luar negeri. 

Acara bertajuk Short Course Academic Writing - Training Exposure and Publishing tahun 2024 ini melibatkan 20 mentor dari 20 Jurnal Internasional Bereputasi serta didampingi oleh 20 pendamping professional yang berasal dari Rumah Publikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Para mentor dan pendamping ini mendampingi total 80 penulis artikel dengan rata-rata dampingan empat penulis per mentor. 

Acara yang berlangsung sejak Januari dan berakhir 23 Maret 2024 ini terdiri dari dua sesi; sesi luring dan sesi daring, dan dua metode; mandiri dan pendampingan. Untuk kepenulisan mandiri waktunya bebas sedangkan untuk pendampingan dilaksanakan setiap selasa dan sabtu setiap pekan. 

Pembukaan acara ini dilakukan secara luring di Hotel Santika Premiere Semarang, dilanjutkan dengan sesi presentasi di AICIS 2024 yang dilaksanakan di UIN Walisongo Semarang, lalu dilanjutkan dengan sesi pendampingan dan mandiri yang berlangsung hingga 23 Maret 2024.

Menurut laporan para editor in chief jurnal internasional bereputasi yang berasal dari berbagai disiplin keilmuan yang mensupport dalam short course ini, mereka melaporkan bahwa 90% artikel jurnal para peserta sudah siap untuk terbit. Hal ini berarti 72 artikel siap publis dan 8 artikel perlu revisi akhir untuk terbit. Hal ini berarti terdapat lonjakan 100% dari tahun kemarin yang hanya 40 artikel yang terbit di jurnal internasional bereputasi.

Nurlailatul Musyafaah, Ketua Rumah Publikasi UIN Sunan Ampel Surabaya dalam laporannya menyatakan bahwa semua ini dapat terwujud karena adanya sinergi tak terbatas antara Diktis, UIN Sunan Ampel Surabaya, para penulis, dan para pengelola jurnal internasional bereputasi. Lebih lanjut, Ila, demikian ia dipanggil berharap bahwa kegiatan baik ini dapat dilanjutkan di tahun-tahun mendatang.

Sedangkan Thobib al-Asyhar, Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI dalam sambutannya di penutupan acara ini yang dilakukan secara daring menyatakan bahwa Pelaksanaan AICIS 2024 yang disertai dengan event khusus Short Course ini bisa disebut fenomenal karena paper yang masuk disubmit dalam kegiatan ini ada 1957 artikel,  terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Hal ini menunjukkan adanya minat yang tinggi dari masyarakat karena paper yang diterima ada kesempatan untuk dipublish di jurnal internasional bereputasi dan jurnal terakreditasi sinta 2, dengan tren tersebut kemungkinan di tahun berikutnya akan terjadi lonjakan kembali terkait paper yang masuk dalam AICIS 2025.
 
 


Tags: # AICIS2024