Direktorat PAI Libatkan Pusdatin Kemdikbud Integrasikan Data Dosen Agama di Kampus Umum

Direktur PAI, Amrullah menyampaikan arahan di depan para Dosen PAI PTU

BEKASI (PAI) – Integrasi data dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum (PTU) menjadi perhatian penting bagi Direktorat PAI untuk melakukan pemetaan jumlah dan program bagi dosen agama yang menjadi ranah pembinaan oleh Kementerian Agama. Melalui Direktorat PAI, integrasi data dosen PAI di PTU melibatkan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek untuk mendapatkan sumber data yang valid.

Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah mengungkapkan proses integrasi data dosen PAI merupakan rangkaian sinkronisasi data setelah integrasi data guru sebagai upaya pemenuhan satu data Kementerian Agama.

“Integrasi data ini sangat penting, sebelumnya kita telah melakukan integrasi data guru PAI dari jenjang PAUD/TK hingga SMA/SMK, sekarang kita ingin mengintegrasikan data dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi umum”, ungkap Amrullah, saat memberikan arahan pada Kegiatan Konsinyering Bantuan Organisasi Profesi Dosen/Lembaga Mitra Moderasi Beragama Pada PTU di Bekasi, Rabu (25/10/2023).

Menurutnya, proses integrasi data ini tidak mudah, selain diperlukan kolaborasi antara Kemenag dan Kemendikbudristek untuk mensinkronkan data, juga dibutuhkan integrasi antar sistem yang dimiliki oleh masing-masing instansi.

“Secara teknis, Direktorat PAI harus mengintegrasikan Siaga dengan Emis, kemudian Emis ke Dapodik, kemudian untuk mengintegrasikan kebutuhan data terkait Pendidikan Profesi Guru, Pusdatin harus integrasi dengan sistem lain yang digunakan”, terangnya.

Amrullah mengingatkan penggunaan sumber data perlu disaring kembali untuk mendapatkan data yang mutakhir. “Ketika mengambil data dari PD Dikti tentu jumlahnya variatif, dari jumlah dosen PAI sebanyak 14 ribu ini memiliki status agama yang beragam, kita saring Kembali apakah memang benar-benar dosen PAI atau dosen tambahan? Apakah dosen dengan homebase mata kuliah umum yang mengajar PAI atau sebaliknya? Ini salah satu hal yang harus ditelusuri” pungkasnya.

Untuk diketahui, Direktorat PAI tengah melakukan integrasi data dosen PAI melalui aplikasi Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa (Sisfodema) dengan Emis dan Pusdatin. Hasil integrasi ini diharapkan adanya kesepahaman data dosen dan keselarasan dengan PD Dikti. Harapannya kedepan, integrasi data ini akan menjadi acuan data untuk pembinaan dosen PAI di PTU dalam pengembangan karir dan akademik.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dihadiri oleh Kasubdit PAI pada PTU M. Munir, Kasubbag TU PAI H. Solla Taufiq, PTP pada Subdit PAI PTU, Para Dosen PAI PTU, Staf Subdit PAI PTU, Tim Pusdatin, Tim Emis, dan Tim Siaga.



Terkait