Gebyar PAI TK Cetak Generasi Berkualitas dan Moderat

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Makassar (Dit. PAI) – Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan melalui Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) menggelar Gebyar PAI TK tingkat provinsi yang pelaksanaannya dipusatkan di MAN 2 Kota Makassar, Sabtu 2 September 2023.

Dengan mengusung tema “Moderat Sejak Usia Dini”, gelaran ini dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni, dan dihadiri oleh Direktur Pendidikan Agama Islam Ditjen PAI Kemenag RI, Amrullah,Kasubdit PAI pada Paud TK, Lelis Tsuroya Herniatin, Kepala Bidang PAI Fathurrahman bersama jajaran, serta Kepala MAN 2 Kota Makassar, Darmawati Karim.

Menghadiri kegiatan Gebyar PAI TK ini, Amrullah selaku Direktur PAI Kemenag RI dalam sambutannya mengungkapkan bahwa mencetak anak didik yang berakhlakul karimah dan memiliki prestasi sejak usia dini menjadi latar belakang diselenggarakannya Gebyar PAI TK.

Amrullah menambahkan, memberi pemahaman tentang moderasi beragama kepada anak usia TK harus dengan cara yang mudah dipahami baik dari sisi isi atau kontek materi moderasi beragama dan penerapan tingkah laku dan budi pekerti dalam kehidupan sehari hari. “Dan tentu saja sesuai dengan pola pikir peserta didik taman kanak kanak,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Khaeroni menyambut baik terselenggaranya Gebyar PAI TK ini, besar harapan melalui kegiatan ini dapat melahirkan generasi yang berkualitas dan moderat di kemudian hari.

Selain itu, Kakanwil mengapresiasi disisipkannya muatan moderasi beragama dalam lomba Gebyar PAI TK ini guna memperkenalkan paham moderasi beragama kepada peserta didik sejak usia dini. “Kegiatan semacam ini saya rasa sangat perlu diselenggarakan dan dipertahankan kedepannya sebagai upaya untuk menyiapkan peserta didik sejak usia dini dan juga mampu menghasilkan generasi penerus yang berkualitas,” ucap Khaeroni di akhir sambutannya.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Fathurrahman menjelaskan bahwa Gebyar PAI TK ini diikuti oleh peserta dari seluruh kab / kota se-Sulawesi Selatan.

Harapannya, peserta lomba dalam ajang gebyar PAI TK ini dapat menghasilkan duta / utusan dari Propinsi Sulawesi Selatan untuk mengikuti Gebyar PAI TK tingkat nasional pada awal bulan Oktober 2023.

Diinformasikan, suksesnya pelaksanaan Gebyar PAI TK tahun 2023 ini tidak lepas dari peran penting Forum Komunikasi Guru (FKG) Taman Kanak-kanak, Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) PAI, dan para pelatih PPKB tingkat daerah. (Edy/Han)




Terkait