Pangkalpinang (Dit. PAI)-Bidang Pendidikan" />

Kanwil Kemenag Kepulauan Babel Selenggarakan Refreshment Pelatih Daerah PPKB

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Pangkalpinang (Dit. PAI)-Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) KanwilKementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan Refreshment Pelatih Daerah Program Pengembangan KeprofesianBerkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Kegiatan berlangsung pada 26-28 Agustus 2023 berpusat di Renz Hotel Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan dilakukan secaraluring dan daring dengan melibatkan 11 orang Pelatih Provinsi dan 30 orang PelatihDaerah dari 7 kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Kepala KanwilKementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung TumiranGanefo, dalam pengarahannyapada acara penutupan kegiatan refreshment mengutarakan bahwa Pelatih Provinsidan Pelatih Daerah PPKB GPAI adalah para agen perubahan yang membawa pesan kebaikandi setiap lingkungan aktivitas yang dimasukinya.


"Bapak/Ibumerupakan garda terdepan yang mampu memberikan ilmu dan saringan positif kepadaanak-anak didik, rekan-rekan guru, masyarakat, dan sebagainya. Secara tidak langsung, Bapak/Ibu mempunyai tanggungjawab untuk menyampaikan dan menerapkan ilmu yang didapat dari mengikuti kegiatan ini,"tuturnya (Jumat,28/07/2023).


Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang PAPKIS KanwilKementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nasution, yang hadir mendampingiKepala Kanwil menyampaikan bahwa dirinya bersyukur pelaksanaan kegiatan dapatberjalan baik dan lancar. Ia berharap agar setiap Pelatih Daerah PPKB dapat menindaklanjutikegiatan ini dalam bentuk diseminasi kepada GPAI lainnya di wilayah masing-masing.


"Alhamdulillah rangkaian kegiatan dapat berjalandengan lancar. Saya berharap Bapak/Ibu Pelatih Daerah tidak hanya berhenti sampaidi sini. Bapak/Ibu memiliki tugas untukmendinamisasikan komunitas GPAI di wilayah masing-masing untuk dapat saling berbagi ilmu,wawasan, dan pengetahuan demi peningkatan mutu PAI,” ungkap Nasution.


Sesuai PMA No. 38Tahun 2018 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru, bahwa PKBguru bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesionalguru dalam mengemban tugas sebagai pendidik. Adapun sasaran PKB guru menurut PMANo. 38 Tahun 2018, antara lain adalah guru pendidikan agama termasuk GPAI. Kegiatan Refreshment Pelatih Daerah PPKB GPAI se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitungdiikuti oleh Pelatih Provinsi maupun Pelatih Daerah mulai jenjang SD sampaidengan SMA/SMK. (APR)



Terkait