Pemkab Demak Dukung Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI)

Kegiatan Pemkab Demak Dukung Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI)

Demak (Direktorat PAI) -- Bupati Demak, Estianah, secara resmi membuka gelaran Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) jenjang SMP tingkat kabupaten Demak (26/9).

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Demak Afief Mundzir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Haris Wahyudi Ridwan, para Pengawas SMP dan Pengawas PAI, Kepala SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Demak, serta guru-guru Pendidikan Agama Islam dan guru mata pelajaran lain.

MAPSI mengangkat pentingnya pendidikan agama Islam dan seni Islami dalam membentuk karakter siswa-siswa SMP. Dengan menghadirkan para pejabat penting dalam bidang pendidikan dan agama, acara ini memperkuat komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dan pengembangan bakat seni di tingkat lokal.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Demak, Afief Mundzir dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pembinaan nilai-nilai agama Islam di kalangan siswa.

"Pendidikan agama Islam merupakan fondasi dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman yang baik tentang ajaran Islam. Saya sangat mendukung inisiatif seperti ini," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Haris Wahyudi Ridwan, menyatakan bahwa lomba ini adalah langkah yang sangat positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan bakat seni di daerah.

"Melalui lomba ini, kami memberikan kesempatan kepada siswa untuk unjuk kebolehan mereka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan seni Islami. Kami berharap ini akan mendorong semangat belajar mereka," ujarnya.

Lomba ini mempertandingkan cabang Cerdas Cermat Islami (CCI), Pidato Putra dan Putri, Tahfiz Al-Quran Putra dan Putri, Tilawah Al-Quran Putra dan Putri. Tartil Al-Quran Putra dan Putri, Kaligrafi Putra dan Putri, dan Rebana Modern.

Siswa-siswa yang berpartisipasi dalam lomba ini akan bersaing untuk meraih prestasi tertinggi di setiap kategori, dan pemenangnya akan mendapatkan uang pembinaan, trophy dan sertifikat. Bagi yang Juara 1 akan mewakili Kabupaten Demak dalam ajang yang sama tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Jepara, bulan depan.

Para guru dan pelatih yang mendampingi siswa sangat bersemangat dengan pelaksanaan lomba ini. Mereka berharap lomba ini dapat memotivasi siswa untuk lebih fokus pada mata pelajaran PAI dan seni Islami, serta memungkinkan mereka untuk terus mengasah bakat mereka.

Lomba mata pelajaran dan seni Islami (MAPSI) SMP tingkat kabupaten Demak ini adalah bukti konkret dari komitmen Kabupaten Demak dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan bakat siswa, serta memperkuat pemahaman agama Islam di tingkat lokal.

Gelaran Lomba MAPSI jenjang SMP tingkat Kabupaten Demak tahun 2023 ini dibiayai oleh APBD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak dengan dibantu oleh Kementerian Agama Kabupaten Demak, Baznas Kabupaten Demak, MKKS SMP Kaupaten Demak, dan MGMP PAI SMP Kabupaten Demak, Toko Buku Intan Jaya Kudus, dan donatur lainnya.

Juara 1, 2, dan 3 serta Juara Harapan I, II, dan III untuk masing-masing cabang lomba MAPSI SMP tingkat Kabupaten Demak tahun 2023 adalah sebagai berikut:

Cerdas Cermat Islami: SMPN 3 MRANGGEN, SMPN 2 DEMAK, SMP QT DARUSSALAM, SMP UNGGULAN CAHAYA TASBIH, SMP BUQ DEMAK, SMPN 1 KARANGAWEN.

Pidato Putra: SMP NEGERI 3 DEMPET, SMP Unggulan Cahaya Tasbih, SMP NEGERI 1 KARANGAWEN, SMP SULLAM WEDING, SMP N 2 DEMAK, SMPN 1 DEMAK

Pidato Putri: SMP NEGERI 3 DEMPET, SMP UNGGULAN CAHAYA TASBIH, SMPN 2 KARANGANYAR, SMP N 1 KARANGAWEN, SMPN 1 DEMAK, SMPN 3 BONANG

Tahfiz Putra: SMP SULLAM WEDING, SMP Plus Latansa, SMPS IT AZ-ZAHRA, SMP NEGERI 2 DEMAK, SMP N 3 Demak, SMPN 2 KARANGTENGAH.

Tahfiz Putri: SMP NEGERI 1 DEMAK, SMP Unggulan Cahaya Tasbih, SMP ISLAM DA'WATUL HAQ BONANG, SMP Islam Al-Fadhila, SMP UNGGULAN AL-ISLAH, SMPIT PERMATA BUNDA

Tilawah Putra: SMP N 3 Demak, SMP Mifathul Ulum Boarding School, SMP IT Roudhotus Sholihin, SMP ISLAM DA'WATUL HAQ BONANG, SMP N 2 Demak, SMP N 3 BONANG.

Tilawah Putri: SMP UNGGULAN CAHAYA TASBIH, SMP ISLAM DA'WATUL HAQ BONANG, SMP Negeri 4 Demak, SMP PANCASILA, SMP SULLAM WEDING, Smp islam al fadhila.

Tartil Putra: SMP BUSTANU USYSYAQIL QUR'AN DEMAK, SMP NEGERI 1 DEMAK, SMP KY Ageng Giri, SMP Unggulan Cahaya Tasbih, SMP NEGERI 1 WEDUNG, SMPIT PERMATA BUNDA.

Tartil Putri: SMP IT HIDAYATUL MUBTADIIN PILANGWETAN, SMP N 3 BONANG, SMP NEGERI 1 DEMAK, SMP ISLAM DA'WATUL HAQ BONANG, SMP N 2 BONANG, SMP N3 SATU ATAP SAYUNG

Kaligrafi Putra: SMP ISLAM DA'WATUL HAQ BONANG, SMPN 1 KARANGTENGAH, SMP Negeri 1 Gajah, SMP AL QUR'AN TERPADU DARUS SALAM NGEMPLAK, SMP Negeri 4 Demak, SMPN 1 DEMAK

Kaligrafi Putri: SMP AL QUR'AN TERPADU DARUS SALAM NGEMPLAK, SMPN 1 KARANGTENGAH, SMP ISLAM DA'WATUL HAQ BONANG, SMP Negeri 1 Gajah, SMP N 3 Demak, SMPN 1 DEMAK

Rebana: SMP NEGERI 3 DEMPET, SMP Plus Latansa, SMPS IT AZ-ZAHRA, SMP N 3 Demak, SMP Negeri 1 Gajah, SMPN 1 DEMAK.

VokalisTerbaik: SMP Latansa Demak.Aransemen Musik Terbaik: SMP Negeri 3 Dempet. (Tim Media PAI)



Terkait