PMMBN Siap Hidupkan Nilai Bela Negara dan Moderasi Beragama di PTU

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Jakarta (Dit.PAI), Upaya penguatan moderasi beragama di Perguruan Tinggi Umum terus dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI. Pada tahun 2022, Kementerian Agama RI bersama dengan Kemenhan mengukuhkan organisasi Pergerakan Mahasiswa Moderasi Beragama dan Bela Negara (PMBBN). Anggota PMBBN merupakan mahasiswa yang aktif di organisasi keagamaan mahasiswa islam di PTU.


Dalam rangka penguatan organisasi, jajaran pengurus PMBBN melaksanakan audiensi kepada Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kementrian Pertahanan RI pada hari Senin, 30 Januari 2023 di gedung R Suprapto Kementrian Pertahanan. Pertemuan ini diterima oleh Kasubdit Lingkungan Pendidikan, Direktorat Bela Negara Kementrian Pertahanan, Kolonel Rachmat.


Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Lingkungan Pendidikan, Direktorat Bela Negara Kemhan RI menyampaikan bahwa Pergerakan Mahasiswa Moderasi Beragama dan Bela Negara adalah salah satu unsur komponen pendukung untuk pertahanan negara yang berasal dari kalangan mahasiswa. "Dengan kata lain, PMMBN juga merupakan salah satu komponen penting dalam Sistem Pertahanan Negara," jelasnya.


Dalam hal ini Kemenhan sangat mendukung kegiatan dan program yang berkaitan dengan penguatan wawasan kebangsaan dan unsur bela negara yang diselenggarakan oleh PP PMMBN dan semoga ini menjadi gerakan-gerakan yang positif dan memberikan dampak bagi seluruh mahasiswa perguruan tinggi umum di seluruh Indonesia untuk bersama-sama menjaga komitmen kebangsaan dan menjaga keutuhan negra republik Indonesia. 


Ketum PP PMMBN, Derida Achmad Bilhaq mengatakan, PMMBN siap dan akan sigap dalam membersamai seluruh pelajar dan mahasiswa PTU seluruh Indonesia dalam rangka menjaga keutuhan NKRI. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan globalisasi yang memiliki peluang disintegrasi bangsa. Disamping itu sejalan dengan ini sebagai generasi muda tentu menjadi sarana akselerasi kreativitas dan pengembangan teknologi dalam memajukan peradaban bangsa menjadi lebih baik.


"Oleh karena itu melalui implementasi bela negara, moderasi beragama, penguatan wawasan kebangsaan dan realisasi program sekolah kebangsaan yang akan bermuara pada kegiatan ekspedisi kebangsaan pada kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi Umum se-Nasional," ujar Derida yang ditemani jajaran badan pengurus harian, para wakil ketua dan pengurus departemen pertahanan dan bela negara.


Setelah ke Kemenhan, pengurus PMBMN berkunjung ke Kementerian Agama untuk meminta arahan terkait program dan kegiatan PMMBN.




Terkait