Perwakilan UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Pertemuan Koordinasi Nasional dan Launching portal arina.id

Perwakilan UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Pertemuan Koordinasi Nasional dan Launching portal arina.id

Jakarta (Pendis) --- Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melalui portal peunutoh.id bersama portal media keislaman arina.id siap berkolaborasi memberikan edukasi terkait pengarusutamaan moderasi beragama di Dunia Digital di lingkungan Perguruan Tinggi dan menjadi kontributor moderasi beragama.

Hal di ungkapkan Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Saifullah sebagai langkah tindak lanjut komitmen UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk melaksanakan arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat peresmian portal media keislaman arina.id di Jakarta, Jum'at (15/12/2023) malam.

"Komitmen ini sejalan dengan arahan Menteri Agama dan komitmen bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2023 terkait pelaksanaan kebijakan Sindikasi Media Moderasi Beragama," ungkap Saifullah selaku penanggung jawab media peunutoh.id.

Sebagai langkah awal, kata Saiful pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh bersama pengelola portal peunutoh.id telah berupaya memaksimalkan pengelolaan media sebagai upaya mendukung program Kementerian Agama terkait Moderasi Beragama. 

Pertemuan Koordinasi Nasional dan Launching portal arina.id sebagai upaya memantapkan jejaring dan bentuk komitmen bersama untuk mengkampayekan moderasi beragama bagi warga kampus dan masyarakat di era digital.

"Selamat kepada arina.id yang telah dilaunching secara resmi, kita dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh melalui portal peunutoh.id atas dukungan Bapak Rektor kami berkomitmen untuk bersama-sama bersinergi mengampayekan program moderasi beragama melalui media digital," tuturnya.

Hal ini sejalan dengan langkah dan komitmen bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2023 terkait pelaksanaan kebijakan Sindikasi Media Moderasi Beragama sebagai upaya untuk pengarusutamaan moderasi beragama di Dunia Digital. 

"Sampai saat ini telah terbangun 50 jejaring media-media moderasi beragama yang dikelola sivitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), termasuk di UIN Ar-Raniry Banda Aceh," terangnya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat atas peresmian portal media keislaman arina.id yang telah dilaunching secara resmi pada kegiatan Koordinasi Nasional dan Launching Media arina.id pada Jum'at (15/12/2023) malam di The The Ritz-Carlton Jakarta.

"Meski baru beberapa bulan lahir, yang luar biasa arina.id ini sudah masuk dalam 20 besar media keislaman di Indonesia dalam waktu singkat. Dengan jejaring media kampus juga membantu Arina semakin dikenal dan menarik untuk para pembacanya," ungkap Menag dalam sambutannya. 

Lebih lanjut, Gus Men meminta portal media arina.id menjadi salah satu kontributor serta menjaga sifat-sifat baik bangsa ini. Kembangkan arina.id ini sebagai bagian dari promosi dan kampanye kita terhadap moderasi beragama," pesan Menag.

Sementara Direktur Utama arina.id Ishaq Zubaedi mengatakan bahwa arina.id adalah portal keislaman masa kini yang mengambil jalan lebih progresif daripada portal-portal yang sudah ada sebelumnya.

"Arina menjadi perekat dari 50 jejaring media yang tumbuh subur di kampus-kampus Islam di Indonesia dan juga rumah-rumah moderasi," ujar Dirut.

"Terima kasih kepada Pak Menteri Agama Gus Yaqut dan jajarannya. Insya Allah kegiatan Arina ini akan berjalan paralel dengan sejumlah program di pemerintahan," ucapnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Jajaran Eselon 1 Kemenag, Stafsus, Staf Ahli dan Tenaga Ahli Menag serta pengelola media sindikasi moderasi beragama.

Sementara dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh hadir Kela Biro AAKK Mirwan Fasta, perwakilan kontributor portal peunutoh.id Arkin dan perwakilan Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) UIN Ar-Raniry Banda Aceh. []