Ditjen Pendis Ujicobakan Aplikasi Pendataan Nilai Raport

Sabtu, 25 Maret 2017 00:00 WIB
Pendis

Ditjen Pendis Ujicobakan Aplikasi Pendataan Nilai Raport

Bogor (Pendis) - Di era teknologi informasi yang sangat cepat dewasa ini, umat manusia semakin dimudahkan dalam beraktifitas dalam segala hal. Termasuk di dalamnya dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam, terutama madrasah. Pada tahun 2017 ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tengah mengujicobakan aplikasi pendataan nilai raport untuk murid madrasah. Namun demikian, di tengah maraknya berbagai sistem aplikasi yang berkembang cepat ini, hendaknya jangan menghilangkan sisi kemanusiannya. Demikian kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis), Moh. Isom Yusqi, dalam Konsinyasi Uji Coba Aplikasi Pendataan Nilai Raport Siswa Madrasah di Bogor, Jum`at (24/03/2017) malam.

Aplikasi yang canggih, sambung Isom, harus tetap dikawal manusia dan jangan terkooptasi oleh kemajuan teknologi informasi sehingga eksistensinya hilang. "Cara agar tidak ada ketergantungan terhadap aplikasi adalah dengan meningkatkan kompetensi, mengupdate ilmu pengetahuan. Manusia harus tetap mengontrol teknologi bukan malah diperbudak oleh teknologi. Dulu para nahkoda kapal, contohnya, cukup dengan tanda-tanda alam; arah mata angin, rasi bintang, bulan dan sebagainya. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, sekarang semua serba otomatis. Namun bagaimana jadinya kalau salah satu komponen itu rusak? Kembali ke metode manual," kata Isom di hadapan para operator tingkat madrasah di wilayah Kota Bogor ini.

Aplikasi pendataan raport yang baru dikembangkan pada tahun 2017 ini, lanjut Isom, merupakan hasil inovasi yang diharapkan dapat memudahkan, mempercepat serta bisa mempertanggungjawabkan kerja para stakeholder pendidikan; para guru dan tenaga kependidikan. "Aplikasi ini dibuat agar madrasah dapat menjaga akuntabilitasnya sebagai lembaga pendidikan Islam yang bermutu," kata guru besar dari IAIN Ternate ini.

Salah satu pertimbangan adanya aplikasi pendataan raport tersebut kata Isom, adalah dalam rangka persiapan agar ujian madrasah berjalan lancar. "Salah satu pertimbangannya adalah mempersiapkan data nilai raport siswa kelas 6, 9 dan 12 serta nilai ujian madrasah/sekolah tulis dan praktek sebagai pertimbangan kelulusan," kata Sesditjen Pendis.

Menanggapi berbagai aplikasi di Ditjen Pendis beraneka ragam, banyak dan tidak terintegrasi, Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) ini mengatakan bahwa hal ini membuat kerja tidak sistematis serta membuat ketergantungan pada pihak lain dimana para operatornya ditangani petugas yang berbeda. "Aplikasi SAIBA dan SIMAK BMN di Bagian Keuangan misalnya, jika ada kesalahan pada salah satu aplikasinya maka akan mempengaruhi laporan keuangannya. Oleh karena itu, ke depan harus ada aplikasi yang terintegrasi," kata Sesditjen Pendis.

Akhirnya, pesan Isom kepada Bagian Data dan Sistem Informasi yang mengelola sistem pendataan EMIS agar konsinyasi ini diujicoba step by step serta ada uji publik untuk diketahui dampak/impaknya di masyarakat. "Kalau diuji publik ada masalah, maka harus ditarik. Kemudian bereksperimen dan berinovasi lagi. Kalau ada manfatnnya segera sebarluaskan," pungkas mantan Kasubdit Ketenagaan Diktis ini. (@viva_tnu/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.