Hasil Penelitian dan Bantuan Harus Dicatat Dalam SIMAK BMN

Selasa, 8 Agustus 2017 17:52 WIB
Pendis

Hasil Penelitian dan Bantuan Harus Dicatat Dalam SIMAK BMN

Jakarta (Pendis) - Hampir semua pejabat tidak menyadari bahwa salah satu permasalahan pada Barang Milik Negara (BMN) dalam pencatatan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) adalah transaksi yang terkait dengan Aset Tak Berwujud (ATB). "Hasil Penelitian yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) atau unit eselon II lainnya harus dicatat dalam aplikasi SIMAK BMN dikarenakan masuk dalam kategori ATB," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis), M. Isom Yusqi, pada Koordinasi Pengelolaan BMN Pusat dan Daerah di Jakarta, Jum`at (04/08).

Terkait dengan ATB ini, lanjut Sesditjen Pendis, permasalahan ini bukan temuan materiil yang harus mengembalikan dengam sejumlah uang kepada negara namun ini hanya persoalan prosedur, SOP, yang harus dilalui. "Oleh karena itu permasalahan aset tak berwujud ini harus cepat dipahami dan diambil tindakan dengan segera," kata Isom.

Mengenai bantuan sosial yang selama ini luput dari SIMAK BMN, Isom kembali mengingatkan kepada yang berkompeten terutama Kasubbag TU yang ada di setiap unit eselon II agar berkoordinasi dengan Bagian Umum dan BMN untuk diadakan pencatatan. "Di Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren misalnya, ada bantuan rehab gedung. Setelah adanya SK Bantuan, pencairan 70%, 30% dan adanya Berita Acara Serah Terima Barang (BAST) maka harus segera dicatat dalam aplikasi SIMAK BMN," kata Kuasa Pengguna Barang (KPB) unit Eselon I Pendis ini.

Masih mengenai BMN, Isom memerintahkan agar Kepala Bagian Umum dan BMN, Ali Ghozi, agar merumuskan mekanisme pencatatan SIMAK BMN terhadap hasil penelitian dan bantuan. "Terkadang tidak semua JFU (Jabatan Fungsional Umum) dan para pejabat mamahami tentang BMN; mana yang bisa dicatat dan tidak. Kalau tidak dicatat maka tiap tahun akan adan temuan dari pemeriksa. Dan pencatatan ini tentunya akan memberikan pengaruh pada SAIBA (Sistem Akuntansi Berbasis Akrual) dan AKLAP (Akuntansi Pemerintah & Laporan Keuangan)," kata Isom Yusqi.

Sedangkan mengenai sinkronisasi antara SIMAK BMN dan SAIBA, Isom kembali menegaskan bahwa terhadap keduanya harus selalu diperhatikan tidak boleh jalan sendiri-sendiri. "SIMAK BMN dan SAIBA saling terkait satau sama lain. Dan usahakan pada semester I ini, harus dilihat kembali pencatatan keduanya, apabila ada yang kurang kurang masih bisa diperbaiki," kata mantan Kepala Sub Direktorat Ketenagaan Diktis ini.

Akhirnya, Isom kembali menginstruksikan kepada para pejabat dan JFU agar selalu update informasi sehingga bisa tahu apa yang sedang dikerjakan, target yang telah ditentukan, waktu dan apa yang bisa dikerjakan. "Kita selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa saling bisa mengingatkan. Teruslah bekerja dan update pimpinan supaya ingat dan terus memahami, memantau dan mengendalikan setiap gerak langkah," kata Sesditjen Pendis ini. (@viva_tnu)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.