Peningkatan Kompetensi dan Pengelolaan Tata Naskah Dinas

Rabu, 17 Mei 2017 19:07 WIB
Pendis

Peningkatan Kompetensi dan Pengelolaan Tata Naskah Dinas

Pangkal Pinang (Pendis) - Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan tata kelola naskah dinas, Bagian Umum dan BMN Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Pengelolaan Tata Naskah Dinas dalam rangka Pemenuhan Zona Integritas di Bangka Belitung, 15 s.d. 17 Mei 2017 di Hotel Tanjung Pesona Bangka Belitung. Kegiatan ini dilatarbelakangi adanya sebuah kebutuhan bahwa para pengelola ketatanaskahan kedinasan, dalam hal ini Kepala Urusan Tata Usaha madrasah harus ditingkatkan kompetensinya. Dengan kompetensi ini diharapkan proses administrasi dan tata kelola kedinasan menjadi lebih tertib, baik, dan sesuai prosedur yang berlaku, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, sehat, dan profesional.

Kegiatan yang sama sudah dilaksanakan di beberapa wilayah antara lain di Aceh, Padang, dan Medan ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Tata Kelola Naskah Dinas Kementerian Agama, yang sedianya akan dilaksanakan secara bertahap di beberapa provinsi zona Sumatera. Adapun peserta kegiatan yang diundang merupakan Kepala Urusan Tata Usaha Madrasah Aliyah Negeri (Kaur TU MAN) yang ada di Provinisi Bangka Belitung dan sebagian dari Provinsi Sumatera Selatan.

Hadir pada acara pembukaan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Kabid PAKIS), Kepala Bagian Umum dan BMN Setditjen Pendis, Kasubbag Tata Usaha Bagian Umum, dan Kasubbag Perlengkapan & BMN Bagian Umum.

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah, Kabid PAKIS, H. Tumiran, menyambut baik dan memberikan respon positif atas diselenggarakannya sosialisasi tata naskah ini, mengingat masih banyak terjadi di daerah, terutama di wilayah Bangka Belitung, adanya salah penomoran, ketidaktertiban dalam prosedur disposisi persuratan, pengarsipan surat, dan lain sebagainya. Hal ini tidak lain karena kurangnya pemahaman terhadap tata kelola naskah dinas di tingkat bawah. Lebih lanjut, Kabid PAKIS berharap kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan dengan seksama, menyerap ilmu yang disampaikan oleh para narasumber, agar ke depannya tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak sesuai dengan prosedur dan tata persuratan dalam proses administrasi pemerintahan.

Selanjutnya, Kepala Bagian Umum dan BMN, H. Ali Ghozi, dalam sambutanya menyatakan bahwa tata kelola naskah dinas sebagai sesuatu yang krusial dalam organisasi pemerintahan. Ketika proses administrasi dilakukan secara benar dan sesuai prosedur yang berlaku, maka itu mencerminkan organisasi yang sehat. Inilah target yang ingin dicapai dalam rangka pemenuhan zona integritas. "Bahwa tata naskah dinas merupakan sesuatu yang penting dalam proses administrasi di instansi pemerintah. Inilah yang membedakan antara organisasi pemerintahan dan paguyuban," terangnya pada Senin (15/05/2017).

Pada kesempatan ini pula, Kabag Umum dan BMN menyampaikan bahwa dalam rangka pemenuhan zona integritas, perlu ada dukungan dan kerjasama yang baik antara stakeholders yang terkait, baik yang ada di pusat maupun di daerah. Dan semua itu harus dimulai dari ketertiban dalam pengelolaan ketatanaskahan kedinasan. "Meskipun kelihatan sepele dan dianggap kecil, tapi akan berakibat fatal di kemudian hari, jika tidak dikelola dengan baik dan benar. Bapak ibu semua peserta kegiatan ini merupakan ujung tombak dalam mensukseskan jalannya organisasi kita ini, sehingga menjadi organisasi yang bercitra baik dan berwibawa," pungkasnya. (ozi/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.