Reformasi Birokrasi Ditjen Pendis Terus Dipacu

Kamis, 6 April 2017 07:18 WIB
Pendis

Reformasi Birokrasi Ditjen Pendis Terus Dipacu

Medan (Pendis) - Penyerahan evidence Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) pada Ditjen Pendidikan Islam dilakukan paling lambat pada 15 April 2017 kepada Inspektorat Jenderal Kementerian Agama, untuk selanjutnya diteruskan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Guna persiapan pengumpulan evidence PMPRB dari tiap-tiap unit kerja pada Ditjen Pendidikan Islam, Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Organisasi dan Ketatalaksanaan selama tiga hari, yakni pada 5-7 April 2017 di Medan, Sumatera Utara.

Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya terkait Reformasi Birokrasi pada Ditjen Pendidikan Islam. Pada pertemuan sebelumnya telah teridentifikasi kelemahan pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada Ditjen Pendidikan Islam, yakni kurangnya evidence. Sehingga perlu dilakukan percepatan pemenuhan evidence yang harus dikumpulkan paling lambat pada 15 April 2017. Selain itu, berdasarkan hasil simulasi, perolehan indeks Reformasi Birokrasi Ditjen Pendidikan Islam masih sangat rendah. Padahal, Ditjen Pendidikan Islam, sebagai unit eselon I dengan anggaran terbesar, telah ditetapkan oleh Menteri Agama sebagai pilot project pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Kepala Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum, M. Munir, menjelaskan bahwa Rapat Koordinasi yang dilakukan selama tiga hari ini akan fokus pada upaya pemenuhan evidence dari tiap-tiap unit kerja pada Ditjen Pendidikan Islam. Outputnya adalah terlaksananya percepatan Reformasi Birokrasi pada Ditjen Pendidikan Islam. Guna mendukung upaya tersebut, ia mengusulkan perlu diberlakukan sistem reward and pusnishment khusus terkait pemenuhan evidence ini. "Jika memungkinkan, bagi pejabat yang mampu memenuhi evidence sesuai target akan diberangkatkan umroh," usulnya.

Moh. Isom Yusqi selaku Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam menghimbau kepada Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum yang merupakan leading sector pelaksanaan Reformasi Birokrasi untuk lebih proaktif menagih evidence dari tiap-tiap unit kerja mengingat tenggat waktu yang tinggal 10 hari lagi. Perlu dibuat time-line agar pengumpulan evidence bisa berjalan dengan efektif. Isom Yusqi menyadari bahwa "pekerjaan rumah" yang harus dikejar oleh Ditjen Pendidikan Islam sangat banyak, tetapi, menurutnya, hal itu tidak boleh menjadi alasan untuk berputus asa, melainkan harus menjadi pemicu untuk meningkatkan performa semaksimal mungkin.

Catatan penting lainnya dari Moh. Isom Yusqi adalah terkait kenyamanan bekerja. Ia melihat beberapa pegawai memiliki beban kerja yang overload, sehingga berakibat pada menurunnya kondisi kesehatan. Ia mengharapkan bisa terwujudnya suasana kerja yang lebih manusiawi di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam. Untuk mencapai kondisi tersebut, tidak lain caranya adalah dengan membangun sistem yang baik. (Nanang/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.