Reformasi Birokrasi Dorong Pegawai Punya Mental Melayani, Bukan Dilayani

Sabtu, 25 Februari 2017 14:04 WIB
Pendis

Reformasi Birokrasi Dorong Pegawai Punya Mental Melayani, Bukan Dilayani

Jakarta (Pendis) - Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Moh. Isom Yusqi, menyatakan bahwa ada tiga inti reformasi birokrasi, yakni: (1) pelayanan yang prima, (2) profesionalitas pegawai dan (3) bebas dari KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme). Hal itu disampaikan pada saat pembukaan kegiatan Pembahasan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas Ditjen Pendidikan Islam pada Jum`at, 24 Februari 2017 di Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum (OKH) dan diikuti oleh seluruh unit kerja pada Ditjen Pendidikan Islam serta melibatkan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama sebagai narasumber.

Moh. Isom menuturkan bahwa sebenarnya sudah cukup banyak terobosan yang dilakukan oleh Ditjen Pendidikan Islam di bidang reformasi birokrasi, hanya saja masih lemah dalam implementasi dan sosialisasi. Hal itu dibuktikan dengan sudah banyaknya aplikasi berbasis online yang dibuat di Direktorat Pendidikan Tinggi Islam dan Direktorat Pendidikan Madrasah. Padahal jika aplikasi-aplikasi tersebut diimplementasikan secara konsisten maka akan menghasilkan pelayanan yang prima bagi para stakeholder.

Ditjen Pendidikan Islam sebagai pemegang anggaran paling besar di Kementerian Agama mendapatkan perhatian khusus dari Menteri Agama dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Ditjen Pendidikan Islam telah ditetapkan sebagai pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi dan zona integritas pada Kementerian Agama, sehingga menjadi entri point bagi keberhasilan reformasi birokrasi pada Kementerian Agama.

Nurul Badruttamam, narasumber dari Itjen Kementerian Agama, menerangkan bahwa kelemahan pelaksanaan reformasi birokrasi pada Ditjen Pendidikan Islam terletak pada kurangnya bukti-bukti pendukung (evidence) berupa foto, video, maupun dokumen pendukung lainnya. Kurangnya bukti-bukti pendukung tersebut menjadikan perolehan indeks reformasi birokrasi Diten Pendidikan Islam rendah. Oleh sebab itu, kegiatan Pembahasan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas Ditjen Pendidikan Islam ini berisi penjelasan yang sangat teknis terkait pengisian evidence pelaksanaan reformasi birokrasi serta dokumen-dokumen pendukung yang harus dilampirkan.

Pada akhirnya, agenda reformasi birokrasi ini bermuara pada meningkatnya mutu pelayanan publik secara riil, tidak sebatas reformasi yang sifatnya administratif. Dibutuhkan komitmen bersama dari para pegawai pada Ditjen Pendidikan Islam untuk bersama-sama melakukan perubahan. Semangat reformasi birokrasi mendorong pegawai memiliki mental melayani, bukan dilayani. (nanang/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.