Sekjen Kemenag: Perlunya Re-Evaluasi dan Re-Alokasi Anggaran Untuk Optimalisasi Serapan Anggaran Kemenag

Sabtu, 22 April 2017 14:25 WIB
Pendis

Sekjen Kemenag: Perlunya Re-Evaluasi dan Re-Alokasi Anggaran Untuk Optimalisasi Serapan Anggaran Kemenag

Jambi (Pendis) - Kegiatan Rembuk Nasional Perencanaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia adalah momentum koreksi dimana permasalahan perencanaan khususnya tentang output, volume, jumlah anggaran pada output diidentifikasi. Dalam arahannya di Grand Ballroom Novita Hotel Jambi, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof. Dr. Nur Syam, MA menyesali tentang ketidaksinkronan antara data kebutuhan dengan distribusi anggaran yang telah berdampak kepada rendahnya angka realisasi anggaran pada tahun 2016.

Kementerian Agama memiliki tingkat pengembalian anggaran yang tinggi, yaitu kurang lebih sebesar 3,5 Trilyun. Permasalahan pertama adalah dari sisi costing pegawai, seperti gaji dan uang makan yang tidak pernah mendekati akurat. Padahal jumlah pegawai negeri di Kementerian Agama memiliki data yang cukup valid. Permasalahan kedua adalah "alur kerja yang tidak kondusif". Menurut Nursyam,"realisasi per triwulan sangat tidak proporsional dan menggelembung di belakang". Oleh karena itu, perencana harus bekerja berdasarkan data kebutuhan, analisis prediksi realisasi dan rencana strategi (renstra) Ditjen Pendidikan Islam.

Nur syam, didampingi oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi juga menggambarkan tentang 4 aspek renstra Ditjen Pendidikan Islam, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan sarana prasarana, peningkatan kualitas akademik, dan sistem informasi. PTKIN ditekankan untuk bisa menterjemahkan renstra melalui relevansi output yang bisa berkontribusi bagi akademik, mahasiswa, masyarakat, dan negara. Skala prioritas seperti belanja pegawai, KIP, dan BOS diikat terlebih dahulu. Setelah itu, penajaman prioritas seperti sarana prasarana dimana terdapat infrastruktur didalamnya. Selebihnya bisa beradaptasi dengan 10 prioritas nasional dan 30 program prioritas lainnya.

Paradigma baru tentang tata kelola/manajemen, yaitu Plan, Do, Check, Action diperkenalkan oleh narasumber. Nur Syam meyakini bahwa pengecekan lebih lanjut menjadi penting dengan membuat matrik. Matrik tersebut berisi data, distribusi, sumber daya manusia. Isi matrik diidentifikasi untuk rencana aksi penyelesaian. "Cara berpikir detail harus diimplementasikan oleh pejabat struktural dan fungsional sebagai alat pengendali proses kerja," tambah mantan Dirjen Pendidikan Islam tersebut. Tidak lupa pula Sekjen menjelaskan peran manajemen data/informasi dimana data menjadi bahan dasar pengisian volume dalam matrik. "Data juga bisa menjadi sumber ide pembuatan output," tambahnya. Hal ini dapat mengurangi perilaku copy paste output/program dari tahun sebelumnya. Harapan lainnya adalah perencana dapat meminimalisir pagu minus dan memperbanyak revisi demi menyeimbangkan neraca anggaran. (zaki/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.