Sesditjen Pendis: ASN Harus Punya Idealisme

Kamis, 27 Juli 2017 00:00 WIB
Pendis

Sesditjen Pendis: ASN Harus Punya Idealisme

Magelang (Pendis) - Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Moh. Isom Yusqi, mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam untuk memiliki idealisme. Hal itu disampaikan Isom ketika membuka acara Orientasi Pembinaan dan Peningkatan Kinerja Pegawai Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam pada Rabu (26/07) di Magelang, Jawa Tengah.

Menurut Isom, ada tiga zona kinerja ASN: Pertama, zona tugas dan fungsi. Pada zona ini ASN hanya menjalankan pekerjaan berdasarkan tugas dan fungsi, tidak kurang dan tidak lebih; Kedua, zona membangun kemitraan. Pada zona ini ASN membangun komunikasi yang baik dengan unit kerja maupun Kementerian dan Lembaga Negara lainnya yang memiliki kaitan tugas dan fungsi. Hal ini dilakukan agar tercipta kerjasama yang baik dengan lembaga lainnya. Ketiga, zona idealisme. Pada zona ini ASN memiliki kesadaran penuh terhadap amanat yang diembannya. Pada konteks Ditjen Pendidikan Islam, ASN menyadari bahwa masa depan Pendidikan Islam ada di tangan mereka.

"Jika ASN tidak memiliki idealisme maka tidak ada legacy (warisan) yang bisa dibanggakan bagi unit kerja kita," terang Isom. Menurut Isom, untuk membangun loyalitas dan integritas juga harus dengan idealisme. Isom menerangkan bahwa sejak terbitnya Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 42 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama, maka persoalan di bidang kepegawaian seperti informasi jabatan, peta jabatan, analisis jabatan, analisis beban kerja, peta proses bisnis, dan standar operasional prosedur (SOP) harus jelas dan terukur.

Terkait implikasi dari terbitnya PMA Nomor 42 Tahun 2016 tersebut, Isom mewanti-wanti kepada seluruh ASN di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam agar memahami tugas dan fungsi masing-masing. "Jangan sampai ada ASN yang tidak paham tugas dan fungsinya," tegas Guru Besar IAIN Ternate itu.

Acara yang mengangkat tema Integrity and Loyalty itu akan berlangsung selama tiga hari, yakni pada 26 s/d 28 Juli 2017, dan diikuti oleh seluruh ASN (PNS dan Non-PNS) pada Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam. Narasumber yang telah terjadwal terdiri dari Prof. Dr. Kamaruddin Amin (Dirjen Pendidikan Islam), Dr. Hilmi Muhammadiyah (Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenag RI) dan Brigjen. Pol. Rikwanto (Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri). (Nanang/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.