Sesditjen Pendis: Capaian Tahun 2016 Perlu Ditingkatkan di Tahun 2017

Senin, 30 Januari 2017 20:28 WIB
Pendis

Sesditjen Pendis: Capaian Tahun 2016 Perlu Ditingkatkan di Tahun 2017

Jakarta (Pendis) - Mengawali Tahun Anggaran 2017, Bagian Ortala dan Kepegawaian menyusun langkah-langkah strategis guna meningkatkan performa organisasi melalui kegiatan Perencanaan Program dan Penyusunan Laporan Ditjen Pendidikan Islam pada Jum`at, 27 Januari 2017 di Jakarta. Tidak hanya merencanakan program, kegiatan ini juga berisi evaluasi terhadap kinerja di Tahun Anggaran 2016.

Banyak persoalan yang dibahas di dalam pertemuan tersebut, tetapi secara garis besar bahwa apa yang sudah dicapai di tahun anggaran 2016 perlu dikembangkan dan diakselerasi. "Utamanya adalah perlunya peningkatan pelayanan serta akuntabilitas melalui penyediaan standar operasional prosedur (SOP)," ungkap Moh. Isom Yusqi selaku Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam ketika membuka acara. Menurutnya, peran SOP sangatlah penting bagi peningkatan akuntabilitas kinerja pegawai yang berdampak pada peningkatan performa organisasi/instansi.

Selanjutnya Moh. Isom menghimbau kepada para pejabat dan pegawai di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam agar memperhatikan laporan kinerja harian. Laporan kinerja harian ini penting di era reformasi birokrasi, dimana mutu pelayanan terus dikedepankan, sehingga menuntut Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja secara lebih profesional dan terukur. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 memiliki semangat mewujudkan ASN yang kompeten. Mindset lama yang hanya mengutamakan kuantitas kehadiran ASN saat ini mengalami perubahan signifikan dengan disertakannya kewajiban menyusun laporan kinerja harian. Dengan kata lain, aspek kuantitas dan kualitas mulai disejajarkan.

Rasionalisasi jumlah pegawai tidak luput dari perhatian Moh. Isom. Ia mendorong Bagian Ortala dan Kepegawaian agar melakukan penataan pegawai melalui rasionalisasi jumlah pegawai yang ideal pada tiap-tiap sub bagian/seksi berdasarkan volume pekerjaan. Tujuannya adalah untuk menghindari kelebihan pegawai di beberapa sub bagian/seksi, sementara beberapa lainnya kekurangan pegawai. Penataan dilakukan dengan memperhitungkan volume pekerjaan sehingga akan terbentuk jumlah yang proporsional pada tiap-tiap sub bagian/seksi.

Terkait pendataan pegawai, Moh. Isom berharap ke depan bisa dalam bentuk data elektronik (e-data) yang memungkinkan munculnya notifikasi otomatis ketika tiba waktu kenaikan pangkat pegawai, peringatan terkait kehadiran, dan hal-hal lain menyangkut pegawai.

Dalam rangka peningkatan akuntabilitas organisasi (kinerja dan keuangan), auditor tidak hanya dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saja, seperti yang berjalan selama ini, tetapi juga akan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Nanang/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.