Ucapan selamat dan sukses atas prestasi yang membanggakan kampus tercinta

Ucapan selamat dan sukses atas prestasi yang membanggakan kampus tercinta

Bandung (Pendis) -- Jurnal Pendidikan Islam (JPI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan bangga mengumumkan tonggak penting dalam dunia penerbitan ilmiah pendidikan Islam dengan keberhasilan diindeks di database Scimago dengan SJR (Scimago Journal Rank) yang luar biasa. Sebesar 0,17, yang menempatkannya dalam peringkat Q2 database Scimago.

Prestasi ini menandai bukti ketelitian keilmuan dan keunggulan akademik yang dijunjung UIN Sunan Gunung Djati dan menggarisbawahi kontribusi besar akademisi Indonesia terhadap pendidikan Islam di kancah global.

Dimasukkannya JPI ke dalam Scopus, salah satu database pengindeksan jurnal akademis yang paling dihormati, merupakan penghargaan penting yang dicapai melalui dedikasi yang tak tergoyahkan dan standar ilmiah yang ketat.

Perjalanan menuju pencapaian ini dimulai dengan acceptednya JPI oleh Scopus pada bulan Juli 2022. Kualitas penelitian yang dipublikasikan di JPI dan juga komitmen dewan redaksi dan kontributornya untuk memajukan wacana ilmiah telah membuka jalan bagi peningkatan status JPI di kategori Q2 yang terhormat dalam waktu kurang dari dua tahun.

Berdiri sebagai mercusuar keunggulan akademis, JPI mempunyai keunggulan sebagai satu-satunya jurnal dari PTKIN dilingkungan Kemenag Indonesia yang didedikasikan untuk eksplorasi pedagogi dalam konteks pendidikan madrasah dan pesantren.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rosihon Anwar menyoroti kekhasan ini, “Fokus unik ini tidak hanya mengisi kesenjangan kritis dalam dunia akademis di kancah internasional namun juga memperkuat suara dan perspektif para peneliti Pendidikan Islam Indonesia, sehingga memperkaya perbincangan global mengenai pendidikan dan pedagogi Islam khususnya lokus madrasah dan pesantren,” tegasnya, Minggu (14/4/2024).

“Alhamdulillah. Sebuah pencapaian yang membanggakan untuk Jurnal Pemdidikan Islam FTK UIN Bandung. Selamat untuk pimpinan fakultas. Selamat pula untuk pengelola jurnal. Terima kasih Gus Men, Pak Sekjen, Pak Dirjen, dan Pak Direktur yang terus memberi motivasi kepada kami,” jelasnya.

Aan Hasanah Pemimpin Redaksi JPI, menyampaikan rasa syukur yang sebesar-besarnya atas pencapaian luar biasa ini, dengan menyatakan, “Terindeksnya JPI di Scopus Q2 merupakan bukti upaya tak kenal lelah dari tim editorial, reviewer, dan kontributor kami yang telah secara konsisten mengupayakan keunggulan dalam penerbitan akademis,” tandasnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati, Fakry Hamdani, didampingi oleh Wakil Dekan I, Irawan mengapresiasi keberhasilan JPI di peringkat Q2 Scopus. “Saya mendukung sepenuhnya JPI sebagai platform diseminasi penelitian ilmiah yang ketat dan mendorong dialog interdisipliner, JPI berfungsi sebagai katalis untuk penciptaan dan penyebaran pengetahuan, berkontribusi terhadap kemajuan praktik pendidikan khususnya madrasah dan pesantren dalam konteks Pendidikan Islam di seluruh dunia,” pungkasnya.