Infografis Jurnal UIN Bandung

Infografis Jurnal UIN Bandung

Bandung (Pendis) -- Empat jurnal di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung terakreditasi nasional, Khazanah Theologia (Sinta 2), Khazanah Hukum (Sinta 2), Communicatus (Sinta 2), Al-Muamalat (Sinta 3)

Koordinator Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Hamdan Sugilar, didampingi Busro, Sentra Jurnal menyampaikan ini berdasarkan salinan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 152/E/KPT/2023, tanggal 25 September 2023 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II tahun 2023,

“Alhamdulillah empat jurnal terakreditasi Sinta, untuk Khazanah Theologia (Rerakreditasi dari peringkat 3 ke 2), Khazanah Hukum (Reakreditasi dari peringkat 4 ke 2), Communicatus (tetap Sinta 2), Al-Muamalat (Akreditasi baru Sinta 3),” tegasnya, Kamis (18/1/2024).

Sebelumnya, pada periode I ada enam jurnal di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung terakreditasi nasional, Asy-Syariah (Sinta 2), Kubik, Isema (Sinta 3), Al-Tsaqafa, Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah, Finansha (Sinta 4).

Rumah Jurnal terus berupaya untuk memberikan dorongan dan pendampingan bagi pengelola jurnal agar menyiapkan diri reakreditasi atau akreditasi baru jurnal baik kualitas artikel, manajemen OJS, sampai pada evaluasi diri. “Untuk itu Rumah Jurnal merasa bangga atas capaian hasil akreditasi tahun 2023 dan terima kasih atas semangat para pengelola jurnal serta support dari LP2M, pimpinan Fakultas dan Universitas,” jelasnya.

Keberhasilan ini merupakan bukti nyata dari dukungan yang tidak terhingga dari pimpinan lembaga, kerja keras dan dedikasi para pengelola jurnal, serta ekosistem penelitian dan publikasi yang sangat kondusif di kampus tercinta kita. “Kita semua telah bekerja sama untuk mencapai prestasi ini, yang tidak hanya meningkatkan reputasi UIN Bandung tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan penelitian. Sekali lagi, terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam perjalanan ini. Mari kita terus berupaya untuk mencapai lebih banyak lagi di masa depan,” ujarnya.

Untuk di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung terdapat 58 Jurnal terakreditasi nasional, dengan rincian Sinta 1 (1 Jurnal), Sinta 2 (20 Jurnal), Sinta 3 (16 Jurnal), Sinta 4 (14 Jurnal), Sinta 5 (7 Jurnal). Sedangkan untuk yang terindeks Scopus baru 3 Jurnal.

“Kualitas publikasi ilmiah merupakan tonggak keunggulan akademik sebuah universitas. Kami di Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas jurnal-jurnal. Caranya dengan melakukan pendampingan dan penguatan pengelolaan jurnal yang baik melalui proses seleksi artikel yang ketat dan review yang cermat,” paparnya.

Atas capaian yang membanggakan kampus tercinta ini Wakil Rektor I, Dadan Rusmana, menyampaikan “Kami sangat bangga dan bahagia atas capaian ini. Selamat bagi para pengelola jurnal di atas dan selamat bagi sivitas UIN Bandung, tentunya ini adalah kebahagiaan bersama. Semoga capaian ini menjadi motivasi untuk pengelola jurnal lainnya untuk terus menaikkan atau mempertahankan peringkat SINTA-nya, menaikkannya levelnya rekognisinya menjadi terindeks scopus. Sekali lagi selamat dan sukses untuk semuanya,” pungkasnya.